Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 10 April 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat ramai hingga viral foto penampakan pelangi di Mars. Namun benarkah ada pelangi di planet merah tersebut? NASA menjelaskan mengenai penampakan tersebut.

Foto kondisi planet Mars dengan pelangi tersebut adalah hasil pemotretan dari Perseverance, robot penjelajah Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Akun Twitter resmi dari Perseverance milik NASA ini pula yang mempostingkan foto penampakan planet merah tersebut.

Dalam foto itu terlihat lengkungan mirip pelangi di langit kelabu Mars. Di bawahnya tampak bentangan gurun pasir cokelat di planet merah tersebut. Foto itu sendiri diambil pada 4 April 2021 kemarin.

Tetapi pertanyaannya kemudian adalah apa benar ada pelangi di Mars?

Robot Perseverance. (NASA)

NASA dalam pernyataan resminya Rabu (7/4/2021) menegaskan bahwa fitur mirip pelangi dalam foto yang diambil Perseverance itu sebenarnya adalah efek pijar lensa atau lens flare.

"Banyak yang bertanya, apa ada pelangi di Mars? Tidak. Pelangi tidak mungkin terjadi di Mars," tegas NASA dalam keterngan yang diunggah di akun Twitter resmi Perseverance.

Lebih lanjut NASA membeberkan bahwa pelangi tercipta ketika cahaya dibiaskan oleh tetes air. Sementara di Mars tidak ada air dalam bentuk cair, sehingga pelangi tak mungkin ada.

"Lengkungan di langit itu sebenarnya hanyalah pijar lensa," tegas NASA.

Perseverance sendiri mendarat di Mars pada 18 Februari lalu. Saat ini wahana milik NASA itu sedang bersiap menyaksikan penerbangan perdana helikopter Mars, Ingenuity. Rencananya Ingenuity akan terbang pada 11 April, akhir pekan ini.

Setelah Ingenuity terbang, Perseverance akan fokus pada tugasnya untuk mencari tanda serta bekas kehidupan purba di Kawah Jazero, lokasi pendaratannya yang diduga kuat sebagai bekas danau miliaran tahun silam.

Itulah penjelasan NASA soal penampakan pelangi dalam foto yang didapatkan Perseverance di planet Mars. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

UAE Siap Mengembangkan Pesawat Luar Angkasa untuk Menjelajahi Sabuk Asteroid Mars