Minggu, 09 Mei 2021
Dinar Surya Oktarini : Senin, 03 Mei 2021 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam sebuah penelitian Natura Astronomy, akhirnya terungkap lama satu hari di Planet Venus setara dengan 243,0226 hari di Bumi. Waktu ini sama dengan kira-kira dua pertiga dari satu tahun Bumi dan itu berubah dengan variasi sekitar 20 menit.

Meskipun Venus adalah tetangga Bumi, tetapi atmosfer planet tersebut yang sangat tebal membuat penelitian menjadi sulit.

Mulai dari 2006, para ahli menggunakan antena Goldstone selebar 70 meter di Gurun Mojave California untuk mengirim gelombang radio ke Venus.

Gelombang ini dapat bergerak melalui atmosfer dan kemudian dipantulkan dari permukaannya.

Beberapa menit kemudian, gelombang itu ditangkap lagi di observatorium Goldstone dan sekitar 20 detik setelahnya di observatorium Green Bank.

Perbedaan yang tepat antara kedua deteksi tersebut memberi tahu para ahli seberapa cepat planet ini berputar.

Perhitungan satu hari Venus. [UCLA]

Eksperimen tersebut menghasilkan 21 observasi selama 15 tahun hanya untuk mengetahui berapa lama waktu sehari di Venus dengan tepat.

Perbedaan variasi tersebut disebabkan oleh gerakan atmosfer Venus yang padat.

Pada tingkat permukaan, tekanannya sekitar 93 kali lebih tinggi daripada Bumi sehingga semburannya memengaruhi putaran Venus.

Pengamatan ini juga mengungkap lebih banyak informasi tentang Venus. Tim ilmuwan dapat memperkirakan bahwa inti planet itu berukuran sekitar 3.500 km.

Ini serupa ukurannya dengan milik Bumi. Namun karena pengetahuan yang terbatas, tim masih belum mengetahui apakah itu berbentuk cair, padat, atau campuran.

Dilansir dari IFL Science, Senin (3/5/2021), penelitian ini pun memberikan kemiringan sumbu sehubungan dengan bidang orbit Venus.

Tim menemukan ujung Venus di satu sisi tepat 2,64 derajat. Melihat kemiringannya yang sangat kecil, planet ini tidak mengalami musim.

Astronom. [Martin Sattler/Unsplash]

Bumi memiliki kemiringan 23 derajat dan sangat berbeda dengan Venus. Namun, Venus memiliki keunikan sendiri di antara planet-planet karena berputar ke arah yang berlawanan sehingga membuat beberapa efek aneh.

Menurut para ahli, ketepatan waktu di Venus sangat aneh. Rotasi planet tersebut memakan waktu 243 hari, tetapi tahunnya (revolusi mengelilingi Matahari) hanya 225 hari.

Karena perputaran planet ke arah yang berlawanan, jika satu hari dihitung hanya dari fajar hingga bertemu fajar kembali, maka itu akan memakan waktu 117 hari.

Tidak heran jika Planet Venus menyembunyikan begitu banyak misteri yang belum diketahui para ilmuwan. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Penelitian Terbaru, Manusia Bisa Berlari Lebih Cepat dari T-rex