Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 02 Juni 2021 | 19:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ditemukan sebuah jimat berusia 1.500 tahun, yang dipercaya sebagai pelindung perempuan dan anak-anak. Benda ini ditemukan para arkeolog di Israel.

Menurut laporan, jimat dari ribuan tahun lalu ini dulunya dipercayai untuk melindungi perempuan dan anak-anak dari "mata jahat".

Menurut para arkeolog, didapatkannya jimat pelindung ini baru pertama kalinya sejak penemuannya 40 tahun lalu.

Dikenal sebagai Solomon's Seal, jimat itu berbentuk segitiga dengan satu sisi menampilkan sosok penunggang kuda yang kepalanya dikelilingi oleh lingkaran cahaya.

Penunggang itu terlihat melemparkan bola ke sosok perempuan yang dikenal sebagai Gello, bersama dengan sebuah tulisan dalam bahasa Yunani yang diterjemahkan menjadi "The One God who Conquers Evil".

Jimat Pelindung. [Facebook/@Israel Antiquities Authority]

Di bawah tulisan tersebut terdapat huruf Yunani I A W Θ, yang diterjemahkan menjadi Y-H-W-H atau Yahweh dalam bahasa Ibrani.

Gello merupakan tokoh mitologi di Yunani yang mengancam perempuan dan anak-anak dengan menyebabkan infertilitas dan keguguran. Itu secara luas dikaitkan dengan mata jahat.

Di sisi yang berlawanan jimat terdapat mata yang ditusuk oleh empat anak panah, bersama dengan singa, ular, kalajengking, dan burung. Ada tulisan Yunani lainnya yang berbunyi, "One God".

"Ini adalah bagian dari kelompok jimat abad kelima-keenam dari Levant yang mungkin diproduksi di Galilea dan Lebanon," kata Dr. Eitan Klein, wakil direktur Unit Pencegahan Pencurian Barang Antik IAA.

Sosok penunggang dalam jimat pelindung tersebut dipercaya dapat mengatasi roh jahat bernama Gello. Sisi sebaliknya diidentifikasi sebagai mata jahat yang diserang dan dikalahkan dengan berbagai cara.

Jimat Pelindung. [Facebook/@Israel Antiquities Authority]

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (2/6/2021), jimat pelindung itu ditemukan di Arbel. Selama periode Bizantium, Arbel merupakan pemukiman Yahudi.

Para ahli masih belum mengetahui siapa yang memakai jimat tersebut karena jimat sejenis ini dipakai oleh orang Yahudi, Kristen, dan Gnostik.

Benda itu diserahkan kepada Otoritas Barang Antik Israel oleh seorang anggota keluarga dari salah satu penghuni pertama di Arbel.

Itulah penemuan jimat pelindung berusia 1.500 tahun silam di Israel, yang menurut para arkeolog dulunya dipercaya sebagai pelindung perempuan dan anak-anak. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Tersembunyi di Hutan, Arkeolog Temukan Kota Kuno dari 2.000 Tahun Silam