Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 03 Juni 2021 | 16:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Negatif film 16 mm yang diklaim digunakan untuk memotret otopsi alien 1947 disebut-sebut nilainya bisa mencapai 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14,3 miliar.

Rekaman negatif film hitam-putih ini pun akan dilelang dengan menampilkan seperti apa hasil otopsi dari 1947 silam. Di dalamnya diduga telah merekam dan menunjukkan mayat makhluk luar angkasa di meja pemeriksa medis.

Bingkai itu berasal dari "otopsi alien" yang terkenal dan sangat tidak masuk akal yang dikatakan telah direkam dalam film pada 1947, menyusul laporan kecelakaan UFO di Roswell, New Mexico.

Cerita seputar kecelakaan itu mengklaim bahwa makhluk yang dibuat untuk film itu berada di dalam UFO dan meninggal dalam kecelakaan itu. Menurut sebuah pernyataan tentang lelang, makhluk itu dibedah secara rahasia oleh pemerintah AS.

Dan sekarang, satu bingkai film otopsi akan dilelang sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT), yang berarti bahwa penawar tertinggi akan memperoleh serangkaian kode unik yang memverifikasi keaslian bingkai film tersebut.

"Pemenang juga akan menerima kerangka fisik sebenarnya dari film otopsi," menurut daftar lelang dilansir laman Livescience, Minggu (30/5/2021).

Dalam rekaman otopsi, sosok humanoid tak bernyawa tergeletak di atas meja. Terdapat luka menganga bisa dilihat di kaki kanannya.

Ia memiliki batang dan perut bulat, bulat, mata gelap dan kepala tak berbulu yang jauh lebih besar dari tengkorak manusia pada umumnya.

Negatif film digadang alien dari 1947. [Globalnewswire]

Sosok-sosok dari kepala sampai ujung kaki dengan pakaian pelindung putih mengelilingi "mayat" dan melakukan pembedahan secara metodis.

Darimana asal film ini? Desas-desus tentang UFO di Roswell mulai beredar pada 1947, setelah seorang petugas informasi publik Angkatan Darat AS mengeluarkan siaran pers, menggambarkan sebuah "piring terbang" yang jatuh dari Roswell yang sekarang menjadi milik tentara.

Pada 1995, sebuah film dokumenter yang ditayangkan di Fox Television dengan judul "Autopsi Alien: Fakta atau Fiksi" memperkenalkan pemirsa TV pada cuplikan dari dugaan postmortem penghuni "luar angkasa" UFO ini.

Ray Santilli, produser film dan rekaman Inggris, memiliki rekaman itu. Ia mengatakan bahwa dia memperoleh film tersebut pada 1992 dari seorang pensiunan juru kamera militer AS, selama pencarian rekaman arsip untuk film dokumenter tentang Elvis Presley, menurut pernyataan lelang.

Meskipun Santilli berpendapat bahwa film itu asli, para skeptis tidak setuju. Kecurigaan mereka tampaknya divalidasi pada 2006, ketika seorang pematung dan desainer efek khusus bernama John Humphreys mengklaim bahwa dia tidak hanya membuat alien dalam rekaman otopsi, dia juga muncul dalam film sebagai salah satu ahli patologi.

Peserta lain yang mengidentifikasi dirinya sendiri dalam tipuan tersebut muncul pada 2017. Pembuat film Spyros Melaris mengatakan bahwa dia telah mengambil gambar di apartemennya di London, menggunakan model yang diisi dengan organ hewan, seperti yang dilaporkan oleh situs berita Australia News Corp Australia Network.

Ilustrasi penampakkan alien. [Shutterstock]

Namun kisah aneh ini memiliki satu putaran lagi. Pada 2019, sebuah memo 2001 "dibocorkan" dari National Institute for Discovery Science (NIDS), sebuah organisasi swasta yang sekarang sudah tidak berfungsi untuk meneliti paranormal dan UFO.

Diduga ditulis oleh fisikawan NIDS Eric Davis, memo tersebut menyatakan bahwa mantan ilmuwan CIA bernama Kit Green mengevaluasi bukti dari "Autopsi Alien Insiden Roswell" dan mengatakan bahwa rekaman itu adalah asli, The Sun melaporkan pada 2019.

"Memo itu melaporkan bahwa Green menentukan film / video Alien Autopsy itu nyata, mayat alien itu nyata," menurut The Sun.

Dengan sejarah yang berbelit-belit tersebut, mungkin tidak mengherankan jika pelelangan film tersebut juga mengalami pergantian peristiwa yang tidak terduga. 

"Penawaran akan berlanjut hingga 30 Mei," kata perwakilan itu.

Itulah negatif film hitam-putih yang akan dilelang, di dalamnya diklaim merekam otopsi alien pada 1947 silam. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

NASA Bakal Gencarkan Penyelidikan UFO, Mulai September 2022