Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 10 Juni 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat heboh artikel yang mengklaim kalau telah ada bukti penemuan semangka di Planet Mars. Netizen menemukan artikel ini pernah diterbitkan oleh surat kabar The New York Times.

Setelah ditelusuri, artikel yang mengklaim adanya bukti penemuan semangka di Planet Mars tersebut telah dihapus.

Faktanya, tidak ada bukti bahwa semangka telah ditemukan di Mars, meskipun The New York Times secara aneh dan singkat mengklaim penemuan luar biasa itu.

Artikel itu dapat diakses di situs web The New York Times selama kurang dari satu jam sebelum dihapus dan diganti dengan pesan yang berbunyi, "Artikel ini diterbitkan karena kesalahan".

Surat kabar ternama itu mengonfirmasi bahwa itu disebabkan oleh kesalahan sederhana yang dibuat dalam sistem manajemen konten mereka.

Pemberitaan penemuan semangka di Mars. [Twitter]

"Sebelumnya hari ini, sebuah artikel tiruan yang ditujukan untuk sistem pengujian diterbitkan di situs kami karena kesalahan. Artikel tersebut telah dihapus," The New York Times mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan kepada The Independent, Rabu (9/6/2021).

Pernyataan NASA menyebut bahwa saat ini tidak ada bukti kehidupan di Mars dan penjelajah Perseverance telah mengumpulkan sampel di permukaan Planet Merah sejak Februari.

Penjelajah tersebut telah mengirim data ke Bumi berisi lebih dari 75.000 foto dalam 100 hari Mars, tapi data-data tersebut belum melaporkan adanya penemuan buah atau sayuran apa pun di Mars.

Pemberitaan penemuan semangka di Mars. [Twitter]

Dengan pernyataan tersebut, dipastikan belum ada penemuan semangka di Planet Mars. Dan hanya kesalahan teknis dari sistem The New York Times. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Spoiler One Piece 1087: Im Sama dan Gorosei Penguasa Buah Iblis?