Kamis, 24 Juni 2021
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 10 Juni 2021 | 10:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari link live streaming Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021 karena tidak bisa menyaksikan? Tenang,  tersedia untuk bisa menyaksikan fenomena alam tersebut.

Dilaporkan kalau Gerhana Matahari Cincin ini terjadi hari ini Kamis, (10/6/2021). Sayangnya tidak bisa terlihat dari wilayah Indonesia.

Meski terdapat fenomena Ring of Fire atau Gerhana Matahari Cincin, namun penduduk Indonesia tidak dapat menyaksikannya secara langsung.

Menurut keterangan resmi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Gerhana Matahari Cincin akan terjadi bertepatan dengan fase Bulan baru pada 10 Juni 2021.

"Gerhana matahari cincin tidak dapat diamati dari Indonesia, hanya bisa diamati dari wilayah di sekitar kutub utara," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Dikutip dari Suara.com, fenomena alam tersebut hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin di Kanada serta kawasan Siberia di Rusia dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43 WIB.

Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) terjadi ketika posisi Matahari, Bulan dan Bumi berada pada garis lurus. Bulan yang bergerak di antara Bumi dan Matahari membuat posisi Matahari akan tertutup jika dilihat dari Bumi.

Namun karena ukuran Bulan lebih kecil jika dibandingkan Matahari, gerhana yang menutup secara total relatif jarang terjadi.

Meski Matahari akan tertutup, namun masih ada lingkaran tersisa mirip cincin sehingga fenomenanya disebut sebagai Ring of Fire Solar Eclipse atau Gerhana Matahari Cincin.

Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)

Sementara fase bulan baru kali ini terjadi pada 10 Juni 2021 pukul 17.52 WIB dengan jarak 404.245 kilometer dari Bumi dan terletak di konstelasi Taurus.

Mengutip dari Space.com, sebagian fenomena Ring of Fire akan terlihat dari Amerika Serikat, Kanada utara, Eropa, Asia utara, Rusia dan Greenland.

Terdapat beberapa situs sains hingga observatorium yang akan menyiarkan Gerhana Matahari Cincin secara online. Time and Date akan menyiarkan langsung gerhana di YouTube mulai 10 Juni 2021 pukul 16.00 WIB.

Virtual Telescope Project yang berbasis di Roma, akan menjadi tuan rumah live streaming dengan partisipasi internasional dari pengamat di Kanada yang berbasis di Ontario (Toronto, Thunder Bay dan Ottawa), British Columbia (Victoria) dan New Brunswick (Saint John).

Kalian bisa menonton melalui channel YouTube atau situs resminya di link ini. Di Inggris Raya, Royal Museums Greenwich (dekat London) mengadakan siaran langsung dari Royal Observatory, yang secara tradisional merupakan lokasi meridian utama.

"Tim ahli astronomi kami akan membantu menjelaskan ilmu tentang gerhana matahari dan menjawab semua pertanyaan luar angkasa. Anda akan melihat pemandangan yang sama persis dengan para astronom kami, dengan teleskop langsung dari Annie Maunder Astrographic Telescope," tulis keterangan dari Royal Observatory.

Berikut beberapa link live streaming Gerhana Matahari Cincin:

1. Melalui Time and Date


2. Virtual Telescope Project


3. Royal Observatory menggunakan Annie Maunder Astrographic Telescope

Itulah link live streaming Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021 di berbagai negara. Buat kamu yang tidak bisa menyaksikan langsung bisa melihat secara online.

BACA SELANJUTNYA

Mengapa Gerhana Bulan Hari Ini Disebut Super Blood Moon? Ini Penjelasannya!