Jum'at, 19 April 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 23 Juni 2021 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pesawat luar angkasa milik NASA, Juno belum lama ini membagikan foto terbaru Bumi dari luar angkasa. Akhirnya dipublikasikan, foto terbaru Bumi ini sukses membuat siapa saja terkagum-kagum.

Foto terbaru Bumi yang diambil Juno ini rupanya ditangkap pada 2013 lalu. Saat itu, Juno terbang mendekati Bumi sebelum kemudian mencapai planet Jupiter yang menjadi lokasi dirinya bertugas.

Dilansir dari Science Alert, Juno pada saat itu berada di dekat Bumi untuk mendapatkan dorongan besar dari gravitasi sebelum akhirnya mencapai planet Jupiter. Saat itu, Juno mendapat dorongan kecepatan 3,9 kilometer per detik.

Sebelum akhirnya menerima dorongan dari gravitasi Bumi, Juno sempat mengambil foto Bumi dengan menggunakan kamera JunoCam yang ia bawa. Hal ini dilakukan sebelum akhirnya memotret Jupiter nantinya.

Berhasil mendapat foto terbaru Bumi, hasil karya Juno ini lalu dipamerkan dalam website resmi NASA. Foto tersebut lalu dapat diakses oleh publik yang ingin melihat Bumi dari luar angkasa.

Foto terbaru Bumi dari Juno. (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill.)

Ditugaskan untuk memantau planet Jupiter, Juno yang diluncurkan pada 5 Agustus 2011 lalu baru mendarat di planet tersebut pada 5 Juli 2016 lalu. Beberapa waktu lalu, Juno juga berhasil mendapatkan foto Ganymede dari dekat.

Menurut rencana, usai berhasil mendekati Ganymede dalam jarak yang super dekat, pesawat luar angkasa ini dijadwalkan untuk melewati Europa dan tiga bulan lainnya yang mengelilingi Jupiter.

Selama berada di Jupiter, Juno ditugaskan untuk mengukur komposisi planet ini, medan gravitasi hingga mencari petunjuk mengenai planet Jupiter terbentuk.

BACA SELANJUTNYA

Berapa Jarak Bumi ke Bulan, Lengkap Fakta Menariknya