Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 06 September 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hiu kerap disebut fosil hidup karena diketahui memili rentang umur yang panjang. Menurut ilmuwan, hiu pertama muncul dalam catatan fosil sejak 450 juta tahun silam.

Selain itu, hiu disebut-sebut telah mampu bertahan hidup melalui lima kepunahan massal.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Science, para ahli mencari tahu berapa lama hiu bisa hidup dan jenis hiu tertua yang pernah tercatat dalam sejarah.

Pada skala umur panjang yang lebih rendah, hiu martil besar (Sphyrna mokarran) hidup sekitar 44 tahun, meskipun dalam satu kasus penangkapan hiu di Florida menemukan hiu itu berusia 50 tahun.

Sementara itu, hiu putih besar (Carcharodon carcharias) dapat hidup hingga 70 tahun. Namun, dari semua spesies hiu, hiu Greenland atau Somniosus microcephalus paling menarik perhatian karena umur panjangnya yang membingungkan para ahli.

"Hiu Greenland adalah spesies hiu yang hidup paling lama sejauh ini," kata Brynn Devine, ahli biologi kelautan di University of Windsor dan pakar konservasi hiu Greenland, seperti dikutip dari Live Science pada Jumat (3/9/2021).

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) umumnya hidup di dasar laut di Atlantik Utara dan Arktik.

hiu Greenland. (Wikipedia Commons/ Hemming1952)

Dalam studi tersebut, para peneliti menentukan bahwa usia rata-rata sekelompok 28 hiu Greenland dalam sampel adalah 272 tahun.

Hiu tertua dalam kelompok itu diperkirakan berusia 392 tahun, beberapa beranggapan umurnya lebih ataupun kurang 120 tahun. Hal itu menyebabkan kesalahpahaman bahwa hiu tertua berusia 512 tahun.

Devine menambahkan bahwa metode penanggalan konvensional tidak berhasil diterapkan pada hiu Greenland untuk menghitung rentang umurnya.

Sebaliknya, para ilmuwan mengandalkan penanggalan radiokarbon untuk memperkirakan usia hiu Greenland. Dalam kasus ini, para ahli mengambil sampel jaringan dari lensa mata yang terbentuk saat hiu lahir dan menentukan usia setiap hiu berdasarkan rasio isotop karbon di mata hewan.

Namun sayangnya, para peneliti hanya tahu sedikit tentang metabolisme hiu Greenland sehingga tidak jelas apa yang memungkinkan satwa itu mampu hidup sangat lama.

Itulah hiu Greenland atau Somniosus microcephalus yang menurut ilmuwan sebagai hiu tertua di dunia. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Ada Samudra di Bawah Permukaan Satelitnya Uranus, Ada Makhluk Hidup?