Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Arkeolog telah menemukan tiga patung kepala domba jantan rakasasa. Patung ini ditemukan di selatan Kuil Karnak, Luxor Mesir.

Uniknya, salah satu di antara patung ini memiliki bentuk ular kobra di atas kepalanya.

Kuil Karnak sendiri dibangun antara sekitar 4.000 dan 2.000 tahun yang lalu dan sebagian besar didedikasikan untuk Amun-Ra, dewa yang terkait dengan Matahari dan Thebes, ibu kota Mesir kuno (sekarang kota modern Luxor).

Pada 11 Oktober 2021, Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan tiga patung kepala domba jantan raksasa telah ditemukan di kompleks kuil seluas lebih dari 100 hektar itu.

Ketiganya ditemukan tim arkeologi Mesir di gerbang yang dibangun oleh Ptolemy, sebuah dinasti firaun keturunan salah satu jenderal Alexander Agung yang memerintah Mesir antara 305 SM dan 30 SM.

Patung kepala domba di selatan Kuil Karnak, di Luxor, Mesir. [Antiquities.gov.eg]

Pada zaman kuno, kepala domba jantan ini adalah bagian dari tiga patung besar yang memiliki tubuh seperti makhluk mirip sphinx.

"Patung-patung itu ditampilkan di jalan besar, di mana bagian kepala mengarah ke arah selatan, membentang sejauh 2,7 kilometer antar Kuil Karnak dan Kuil Luxor," kata Mustafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Purbakala, dikutip dari Live Science, Kamis (21/10/2021).

Jalan itu sering disebut "jalan sphinx" dan terdiri dari sekitar 700 patung. Menurut para ahli, diperkirakan sekitar 700 sphinx berjajar di rute antara kuil Karnak dan Luxor.

Mengingat banyaknya sphinx yang hidup berasal dari masa pemerintahan karya seni Nectanebo I (380-362 SM) menunjukkan bahwa jalan itu telah ada setidaknya pada awal dinasti ke-18 (1550-1295 SM).

Patung kepala domba di selatan Kuil Karnak, di Luxor, Mesir. [Antiquities.gov.eg]

Ahli Mesir kuno sedang dalam proses melestarikan kepala domba jantan dan akan menempatkannya kembali pada tubuh patung.

Selain itu, para arkeolog juga menemukan penemuan lain berupa sisa-sisa patung kobra.

Patung kobra ini awalnya berada di atas salah satu kepala domba jantan, sehingga tim konservasi berencana untuk memasangnya kembali.

Patung kepala domba di selatan Kuil Karnak, di Luxor, Mesir. [Antiquities.gov.eg]

Usia patung-patung itu sedang diselidiki, tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa desain salah satu patung menunjukkan patung tersebut berasal dari masa pemerintahan Amenhotep III, yang memerintah Mesir antara 1390 SM dan 1352 SM.

Hingga saat ini, penggalian, analisis, dan pekerjaan konservasi masih terus dilakukan.

Itulah penemuan patung kepala domba jantan rakasasa  yang diduga terkait dengan dewa Matahari Amun-Ra di Mesir. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Terpopuler: Ditemukan Pemakaman Tersembunyi dan Curhat Driver Ojol Viral