Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 06 November 2021 | 22:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat peningkatan jumlah gempa yang terjadi di Indonesia pada Oktober 2021 dibanding bulan sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono.

Menurut catatan BMKG, ada sebanyak 844 kali gempa mengguncang Indonesia pada Oktober 2021 kemarin. Selama Oktober 2021 aktivitas gempa di wilayah Indonesia didominasi oleh gempa kecil dengan magnitudo kurang dari 5,0 yang terjadi sebanyak 831 kali.

"Jumlah aktivitas gempa kecil ini mengalami peningkatan jika dibanding bulan September yang terjadi sebanyak 794 kali," terang Daryono dalam siaran pers yang diterima di Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/11/2021).

Gempa signifikan dengan magnitudo di atas 5,0 terjadi sebanyak 13 kali atau mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan September yang terjadi 11 kali.

Peta titik gempa Oktober 2021 di Indonesia. [BMKG/Suara.com]

Gempa dengan guncangan dirasakan oleh masyarakat selama Oktober 2021 juga naik menjadi 71 kali dari hanya 61 kali pada September. Data jumlah gempa dirasakan ini di luar aktivitas gempa swarm yang terjadi di Banyubiru, Ambarawa, Salatiga dan sekitarnya, karena gempa yang terjadi di wilayah ini sebagian besar dirasakan warga.

Gempa merusak juga meningkat menjadi tiga pada Oktober, dibandingkan dengan satu pada September lalu. Tiga gempa merusak itu terjadi di Karangasem dan Bangli, Bali, dengan magnitudo 4,8 pada 16 Oktober 2021; Gempa Blitar-Malang dengan magnitudo 5,3 pada 22 Oktober 2021; dan gempa swarm sejak 23 Oktober 2021 yang mengguncang wilayah Banyubiru, Ambarawa, Salatiga dan sekitarnya.

Pada gempa Karangasem dan Bangli, lebih dari 600 rumah rusak dan tiga orang meninggal dunia. Di Blitar dan Malang, selain rumah, ada musala dan sekolah yang rusak. Sementara di Banyubiru dan sekitar, rangkaian gempa swarm juga merusak rumah warga.

Zona aktif gempa di Wilayah Indonesia selama bulan Oktober 2021 terdapat di 9 kluster seismisitas, yaitu Aceh-Simeulue, Bengkulu-Lampung, Jawa Barat, Selatan Yogyakarta-Pacitan, Bali-Lombok-Sumba, Sulawesi Tengah, Laut Maluku, Ambon-Seram, dan Papua Utara.

Itulah laporan BMKG soal banyaknya gempa yang terjadi di Indonesia sepanjang Oktober 2021. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Penjelasan BMKG Soal Penyebab Gempa Mentawai