Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 13 Maret 2022 | 16:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah diumumkan sukses menerima transplantasi jantung babi pertama, pasien tersebut dilaporkan meninggal dunia.

Yakni David Bennett, pasien 57 tahun penerima transplantasi jantung babi pertama meninggal dunia pada Selasa 8 Maret 2022 kemarin.

Ia masih bisa bertahan hidup selama dua bulan setelah operasi transplantasi dilakukan.

Menurut laporan The New York Times, penyebab kematiannya masih belum jelas dan dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan penyebabnya.

"Kami sangat terpukul atas kepergian Bennett. Ia terbukti sebagai pasien pemberani dan dikenal oleh jutaan orang di seluruh dunia karena keberanian dan tekadnya untuk hidup," kata Dr. Bartley Griffith, direktur Program Transplantasi Jantung di University of Maryland Medical Center (UMMC), dikutip dari Live Science, Kamis (10/3/2022).

Bennett yang menderita penyakit jantung parah menerima transplantasi jantung pertama pada 7 Januari.

Jantung yang digunakan dalam transplantasi tersebut, berasal dari babi yang telah dimodifikasi secara genetik untuk membuat jantungnya lebih dapat diterima oleh sistem kekebalan manusia.

Para ilmuwan menghilangkan tiga gen dari genom babi yang menginduksi respon imun pada manusia dan menonaktifkan gen untuk mencegah jantung tumbuh terlalu besar untuk manusia.

Catatan menunjukkan bahwa transplantasi organ dari hewan ke manusia pernah dicoba sebelumnya, tetapi gagal karena tubuh orang tersebut dengan cepat menolak organ yang didonorkan.

Selama dekade terakhir, para ilmuwan terus bereksperimen untuk menciptakan babi yang dimodifikasi secara genetik dengan organ yang aman untuk ditransplantasikan ke manusia.

Jika berhasil dilakukan dalam skala yang lebih luas, penemuan seperti itu dapat meningkatkan pasokan organ untuk transplantasi.

Di Amerika Serikat saja, saat ini lebih dari 100.000 orang berada dalam daftar tunggu untuk transplantasi organ dan lebih dari 6.000 orang meninggal setiap tahun karena menunggu transplantasi.

Bennett adalah kandidat untuk transplantasi eksperimental karena dia sangat membutuhkan transplantasi jantung, tetapi dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung manusia oleh beberapa pusat medis.

Transplantasi yang dilakukan Bennett masih dianggap sebagai kemajuan karena organ babi tersebut tidak segera ditolak oleh tubuh manusia dan berfungsi setidaknya selama sebulan.

Para ilmuwan berharap transplantasi seperti ini memberikan wawasan berharga, yang akan memberitahu ahli bedah transplantasi untuk meningkatkan hasil operasi dan berpotensi menyelamatkan nyawa pasien di masa depan.

Sayangnya pasien pertama yang menerima transplantasi jantung babi ini tidak bisa bertahan. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Android 11 Mendominasi, Android 13 Baru Dipakai oleh 15 Persen Perangkat di Pasar Global