Selasa, 16 Agustus 2022
Agung Pratnyawan : Jum'at, 22 April 2022 | 15:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google punya cara berbeda dalam memperingati Hari Bumi 2022 yang jatuh pada hari ini, Jumat 22 April 22. Tidak seperti biasanya yang menggunakan Google Doodle.

Melalui halaman utama pencarian Google, ditampilkan gambar khusus untuk memperingati Hari Bumi 2022. 

Melalui gambar tersebut, Google mengingatkan akan dampak nyata perubahan iklim di Bumi planet tempat kita tinggal ini.

Saat mengakses halaman awal pencarian, pengguna akan melihat GIF dari empat lokasi berbeda di Bumi.

GIF tersebut dibuat untuk menunjukkan bagaimana perubahan iklim telah mempengaruhi Bumi.

Foto yang digunakan dalam GIF tersebut diambil selama beberapa tahun untuk melihat bagaimana alam di lokasi tersebut berubah.

"Menggunakan real time-lapse dari Google Earth Timelapse dan sumber lain, doodle menunjukkan dampak perubahan iklim di empat lokasi berbeda di sekitar planet kita," tulis Google dalam laman resminya.

Google Memperingati Hari Bumi 2022. [Screenshot]

Empat gambar dalam GIF tersebut mencakup pemandangan alam dari Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Sermersooq di Greenland, Great Barrier Reef di Australia, dan Harz Forests di Elend, Jerman.

GIF pertama akan menampilkan gambar Gunung Kilimanjaro, di mana Google menyoroti penipisan gletser di puncak gunung dari 1986 hingga 2020.

GIF selanjutnya berisi citra Sermersooq untuk menunjukkan dampak perubahan iklim dari 2000 hingga 2020.

Sementara potret ketiga, Great Barrier Reef, menampilkan pemutihan karang di Pulau Lizard dari Maret 2016 hingga Mei 2016.

Terakhir, gambar Harz Forests menunjukkan bagaimana hutan-hutan ini dihancurkan oleh serangan kumbang kulit kayu karena kenaikan suhu dan kekeringan parah dari 1995 hingga 2020.

Google Doodle Hari Bumi. [Screenshot]

Hari Bumi sendiri pertama kali dirayakan pada 1970. Hari ini, Hari Bumi lebih berfokus pada kesadaran global tentang perlindungan dan konservasi lingkungan.

Melalui doodle ini, Google berharap dapat mempersatukan pemikiran seluruh umat manusia untuk segera bertindak dan bersama-sama melakukan perubahan demi menghindari dampak buruk dari perubahan iklim.

Seperti yang diketahui, pengguna akan menemukan artikel apa pun yang berkaitan dengan Hari Bumi 2022 jika mengklik doodle di halaman awal pencarian Google.

Itulah cara Google peringati Hari Bumi 2022 dengan mengingatkan dampak nyata perubahan iklim pada Bumi. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Siapa Nicole Shanahan, Istri Sergey Brin yang Digosipkan Selingkuh dengan Elon Musk