Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NASA berencana untuk mengirimkan iPad ke Bulan untuk melakukan pengujian. Bukan sekadar tablet dari Apple saja, namun dibekali dengan sisten suara Alexa.

Rencananya, NASA akan meluncurkan megaroket untuk misi ke Bulan yang dinamakan Space Launch System (SLS). Lalu untuk apa NASA kirim iPad ke Bulan nantinya?

Di dalam peluncuran tersebut, NASA juga akan mengirimkan iPad buatan Apple untuk menguji asisten suara Alexa.

SLS mengirim pesawat luar angkasa tanpa awak yang disebut Orion ke Bulan dalam misi Artemis 1. Tujuan ini adalah untuk menunjukkan bahwa Space Launch System dan Orion mampu mengirim astronaut ke Bulan.

Dalam misi tersebut, NASA juga akan menggunakan iPad untuk membantu menguji asisten suara Alexa milik Amazon di Orion.

Misi Artemis ini merupakan program ke Bulan pertama kalinya dari NASA sejak misi Apollo.

Sementara Apollo berfokus pada penjelajahan Bulan, misi Artemis berambisi membangun infrastruktur, yang mendukung masa depan penjelajahan Bulan dan luar angkasa.

Proyek Callisto. [NASA]

Sembari menunggu misi Artemis 1 berhasil, NASA berencana untuk memulai misi berawak dalam Artemis 2 pada 2024.

Setahun setelahnya, NASA berencana mengirim astronaut perempuan pertama ke permukaan Bulan.

Pengujian asisten suara Alexa sendiri termasuk di dalam eksperimen Callisto, yang akan menunjukkan bagaimana teknologi konsumen dapat berintegrasi dengan pesawat luar angkasa masa depan.

Amazon Alexa dan WebEx oleh Cisco akan digunakan untuk demo teknologi.

Ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana perintah suara dapat meningkatkan cara astronaut hidup dan bekerja di luar angkasa.

"Saya bisa membayangkan masa depan di mana astronot dapat mengakses informasi tentang status penerbangan dan telemetri, seperti orientasi pesawat ruang angkasa, tingkat pasokan air, atau status tegangan baterai, melalui perintah suara sederhana," kata Howard Hu, wakil manajer program Orion di Johnson Space Center NASA, dikutip dari 9to5mac, Kamis (11/8/2022).

NASA menambahkan bahwa menguji Alexa di atas pesawat luar angkasa yang mengorbit Bulan, akan lebih sulit daripada di rumah dengan speaker Echo dan WiFi.

Apple iPad Air 2022. (Apple)

Menurut Hiu, bepergian ke luar angkasa akan memakan waktu lama bagi Alexa di Orion untuk mengakses cloud kembali di Bumi.

"Oleh karena itu, Callisto akan menggunakan Jaringan Luar Angkasa NASA dan database lokal di atas Orion untuk berkomunikasi dengan Alexa," tambah Hu.

Pengujian semacam itu akan jauh lebih mudah dilakukan jika astronaut berada di dalam pesawat luar angkasa.

Namun, Orion belum dapat dipastikan kelayakannya untuk mengangkut astronaut.

Karena itu, NASA menggunakan WebEx dan iPad yang akan bertindak sebagai pengganti astronaut yang berbicara dengan Alexa.

NASA sendiri telah menargetkan tanggal peluncuran pada 29 Agustus 2022 untuk misi Artemis 1.

Itulah rencana NASA kirim iPad ke Bulan untuk melakukan pengujian asisten suara Alexa di sana. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Struktur Inti Bulan, Hasilnya Mengejutkan