Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 29 Agustus 2022 | 14:14 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NASA telah menyiapkan peluncuran misi Artemis 1 ke Bulan. Rencananya roket ini dijadwalkan pada Senin (29/8/2022), dimulai pada 8:33 EDT (1233 GMT) waktu setempat.

Diwartakan Suara.com, peluncuran utama roket peluncuran Space Launch System (SLS) Artemismisi ke Bulan baru tengah melakukan persiapan.

Peluncuran roket Artemis 1 telah dilakukan selama lebih dari satu dekade dan diharapkan menarik banyak minat masyarakat ke Space Coast.

Banyak pihak yang khawatir dengan kondisi cuaca di Space Coast karena badai berpotensi mempengaruhi peluncuran itu sendiri.

Sampai sekarang, dari foto udara, cuaca diperkirakan kemungkinan 80 persen kondisi peluncuran menguntungkan, tapi peluang itu berkurang menjadi hanya 60 persen menguntungkan menjelang akhir jam kedua.

Penampakan badai menjelang peluncuran Artemis 1 misi ke Bulan. [Space.com]

Seperti yang biasa terjadi di sebagian besar Florida di musim panas, cuaca selama seminggu terakhir di sekitar NASA's Kennedy Space Center (KSC), antara langit cerah dan hujan deras, yang dapat datang dan pergi dalam beberapa menit.

KSC melayani sebagai pelabuhan antariksa utama untuk seluruh Amerika Serikat, KSC mencakup lebih dari 140.000 hektar (570 kilometer persegi), yang berbagi dengan Suaka Margasatwa Nasional Pulau Merritt.

Sebagaimana melansir laman Space.com, Senin (29/8/2022), cuaca di Space Coast sehari sebelum peluncuran telah menjadi hal standar.

Penampakan badai menjelang peluncuran Artemis 1 misi ke Bulan. [Space.com]

Untungnya, badai yang lewat cukup ringan untuk beberapa pemandangan luar biasa dari pusat ruang angkasa.

Itulah laporan penampakan roket Artemis 1 yang membawa misi ke Bulan dari NASA. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra, Kapan Terjadi Tahun 2023 Ini?