Jum'at, 29 Maret 2024
Amelia Prisilia : Kamis, 22 September 2022 | 18:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Arkeolog Israel baru saja menemukan sebuah gua pemakaman berusia 3.300 tahun. Dari penemuan tersebut, para arkeolog mendapatkan sejumlah benda bersejarah yang membantu mengungkap sejarah manusia di zaman tersebut.

Gua pemakaman di Israel ini dipercaya digunakan di masanya untuk mengubur manusia hingga barang-barang yang digunakan. Lokasi gua ini berada di sisi selatan Pantai Tel Aviv.

Dilansir dari Live Science, para arkeolog percaya bahwa orang Mesir kuno yang dipimpin oleh Ramses II di kisaran tahun 1279 SM hingga 1213 SM. Pada masa Ramses II, Mesir mengendalikan sebuah kerajaan dari Sudan modern hingga Suriah.

Gua pemakaman ini ditemukan oleh penggali mekanis di Taman Nasional Pantai Palmahim. Proses penemuan ini berlangsung secara tidak terduga saat penggalian menembus ke atap gua.

Saat diteliti oleh arkeolog, gua ini nampak membeku dalam waktu. Berbagai barang keramik dan perunggu terlihat berada di gua ini. Uniknya, barang-barang tersebut tertata rapi.

Gua pemakaman berusia 3.300 tahun. (Courtesy of the Israel Antiquities Authority)

Selain benda-benda tersebut, sejumlah barang seperti tembikar yang dicat berwarna merah bersama piala, panci masak hingga lampu juga tersimpan di gua pemakaman berusia 3.000 tahun ini.

Pada masanya, barang-barang ini dikubur saat upacara pemakaman. Benda-benda ini dirasa akan sangat membantu almarhum di akhirat nantinya.

Usai ditemukan, gua pemakaman berusia 3.000 tahun ini akan diteliti lebih lanjut untuk memahami masa-masa lalu dari benda-benda peninggalan tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Teliti Reruntuhan Kota Yunani, Arkeolog Temukan Patung Hercules Berusia 2.000 Tahun