Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 25 September 2022 | 14:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Arab Saudi untuk pertama kali akan mengirimkan wanita ke luar angkasa. Direncanankan tahun depan, seorang perempuan asal Arab Saudi akan mencapai luar angkasa untuk pertama kalinya.

Pengiriman perempuan Arab Saudi ini direncanakan akan berlangsung pada 2023 mendatang jika berjalan dengan lancar.

Arab Saudi telah resmi mengumumkan bahwa mereka memulai program astronaut dan bermaksud mengirim dua warganya ke luar angkasa.

Menariknya, salah satu dari mereka adalah seorang perempuan pada awal 2023. Nantinya misi itu akan diselenggarakan oleh perusahaan yang berbasis di Houston, Axiom Space.

"Luar angkasa adalah milik seluruh umat manusia, yang merupakan salah satu alasan Axiom Space dengan senang hati menyambut kemitraan baru kami dengan Komisi Luar Angkasa Saudi untuk melatih dan menerbangkan astronot Saudi, termasuk astronaut Saudi perempuan pertama," ungkap Presiden dan CEO Axiom Space Michael Suffredini.

Seorang lelaki Saudi telah berhasil mengorbit, yakni Pangeran Sultan bin Salman Al Saud terbang dalam misi STS-51-G dari pesawat ulang-alik Discovery pada 1985.

Seperti diketahui, secara aturan di Arab Saudi, perempuan memiliki keterbatasan dibandingkan mereka yang tinggal di luar negeri.

Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS. (NASA)

Dilansir laman Space.com, Jumat (23/9/2022), Axiom telah menerbangkan satu misi awak pribadi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Penerbangan itu, yang disebut Ax-1, membawa tiga pelanggan yang membayar dan karyawan Axiom (dan mantan astronaut NASA) Michael López-Alegría ke dan dari lab yang mengorbit di atas kapsul SpaceX Dragon.

Axiom sedang bersiap untuk misi ISS lainnya, yang disebut Ax-2, yang diperkirakan akan diluncurkan pada musim semi mendatang.

Agaknya, penerbangan Saudi yang akan datang akan serupa, menggunakan perangkat keras SpaceX untuk sampai ke ISS. Tapi pernyataan Axiom tidak menjelaskan detail seperti itu.

Axiom memiliki ambisi di luar mengantar orang ke dan dari lab yang mengorbit. Misalnya, perusahaan berencana mulai meluncurkan modul ke ISS pada 2024.

Axiom juga akan membangun pakaian antariksa moonwalking untuk misi Artemis 3 NASA, yang bertujuan untuk menempatkan astronaut di dekat kutub selatan bulan pada 2025 atau 2026.

Kita nantikan sampai rencana pengiriman perempuan Arab Saudi ke luar angkasa ini berlangsung tahun depan. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Bawa 3 Game, HoYoverse Memeriahkan Opening Night Live Gamescom 2023