Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 04 Oktober 2022 | 15:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah eksperimen sains langsung berakhir dengan tragedi di kota Girona, Catalan, pada hari Jumat (27/9/2022), ketika drum nitrogen cair meledak, melukai 18 orang. Sepuluh anak termasuk di antara yang terluka.

Dilansir dari Russia Todayinsiden itu terjadi di Universitas Girona pada Jumat malam, di depan kerumunan sekitar 300 penonton.

Fisikawan kondang setempat, Dani Jimenez mengatur percobaan, yang melibatkan pencampuran air panas dan nitrogen cair, sebuah proses yang biasanya menghasilkan awan uap air.

Namun, ketika asistennya mengosongkan drum air ke dalam drum nitrogen cair, ledakan kuat terjadi sebagai gantinya, mengirimkan pecahan logam ke kerumunan yang padat.

Ilustrasi ambulans. (pexels/Artem Saranin)

Jimenez tidak terluka, dan ia segera menelepon layanan darurat. Asistennya terluka parah.

Sebanyak 18 orang mengalami luka-luka, termasuk sepuluh anak-anak. Tiga anak berusia antara lima dan 12 tahun adalah yang paling terluka parah, dan dibawa ke Rumah Sakit Trueta Girona.

Semua luka itu disebabkan oleh pecahan peluru dari drum, beberapa outlet media Spanyol melaporkan.

"Ada banyak orang di dalam ketika ledakan terjadi," Walikota Girona Marta Madrenas menjelaskan kepada El Pais, menambahkan bahwa tidak ada risiko cedera kimiawi pada siapa pun di kerumunan.

BACA SELANJUTNYA

Siapa Ibnu Al Haitam? Ternyata Kontribusinya di Bidang Optik Bikin Tercengang