Kamis, 25 April 2024
Amelia Prisilia : Jum'at, 07 Oktober 2022 | 14:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tokoh mitologi Romawi, Hercules dikenal sebagai legenda yang diceritakan dari masa ke masa. Belum lama ini, melakukan penelitian di reruntuhan Kota Yunani, para arkeolog suskes menemukan patung Hercules berusia 2.000 tahun.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh arkeolog dari Aristoteles University of Thessalonika, patung Hercules ini ditemukan di kota kuno Filipi yang kini berada di utara Kavala.

Berdasarkan laporan Iflscience, patung Hercules yang sudah berusia 2.000 tahun ini ditemukan saat melakukan penggalian bangunan yang menghadap alun-alun pemukiman kuno yang dibangun pada abad kedelapan atau kesembilan saat Filipi masih menjadi bagian dari Kekaisaran Bizantium.

Sosok tokoh mitologi Kota Yunani ini dikenal dengan nama Romawi, Hercules. Sedangkan nama Yunani-nya adalah Heracles. Dirinya dikenal sebagai putra Zeus yang dikenal sangat kuat.

Pada saat ditemukan, para arkeolog begitu yakin jika patung ini menunjukan Hercules muda yang sedang memegang singa dengan satu tangan dengan tangan lainnya memegang tongkat.

Arkeolog temukan patung Hercules berusia 2.000 tahun. (YPPOA via Ifl Science)

Patung Hercules ini ditemukan di dalam gedung publik yang didekorasi super mewah dengan air mancur di depannya. Gedung itu dipercaya telah dibangun sekitar 800 tahun yang lalu.

Penemuan ini memperkuat fakta sebelumnya yang nenyebut bahwa patung Hercules kerap kali digunakan untuk menghiasi bangunan di masa itu hingga akhir periode Bizantium.

Kota Filipi yang menjadi bagian dari kekaisaran Bizantium ini ditinggalkan usai terjadi Ottoman. Usai menemukan patung Hercules berusia 2.000 tahun ini, para arkeolog lalu melakukan penelitian lebih lanjut terkait masa-masa tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Gua Pemakaman Berusia 3.300 Tahun Ditemukan, Arkeolog Temukan Benda-benda Bersejarah Ini