Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 10 Oktober 2022 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cerebellum, yang merupakan kata Latin untuk "otak kecil", adalah bagian dari otak yang mengontrol gerakan kita.

Organ ini terletak di bagian belakang tengkorak, tepat di atas dan di belakang di mana sumsum tulang belakang terhubung ke otak itu sendiri.

Tak cuma itu, dilansir dari Sputnik Newsotak kecil manusia juga memainkan fungsi penting dalam hal mengingat pengalaman emosional positif dan negatif, menurut para peneliti di University of Basel.

Bahasa Latin untuk "otak kecil", struktur utama otak belakang yang terselip di bawah belahan otak diketahui untuk mengoordinasikan input sensorik dengan respons otot, atau, dengan kata lain, memainkan peran penting dalam kontrol motorik.

Namun, penelitian peer-review, yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), dimasukkan ke dalam teori bahwa otak kecil dapat memainkan peran dalam beberapa fungsi kognitif dan kontrol emosional, seperti mengatur rasa takut dan respons kesenangan.

Biasanya, amigdala dan hippocampus adalah wilayah otak yang dianggap paling bertanggung jawab untuk mengkonsolidasikan ingatan emosional ini.

Ilustrasi Otak. (Pixabay)

Mencatat Kenangan Emosional

Tim, yang dipimpin oleh Profesor Dominique de Quervain dan Profesor Andreas Papassotiropoulos di University of Basel, melakukan pemindaian otak terhadap 1.418 individu melalui pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI).

Ketika mereka melihat gambar emosional, beberapa positif, beberapa negatif dan netral, pemindaian mengungkapkan bahwa otak kecil itu, memang, terlibat dalam jenis pengalaman emosional ini.

Selanjutnya, para peserta dalam penelitian ini mengingat gambar positif dan negatif jauh lebih baik daripada yang netral. Menurut penelitian, kemampuan penyimpanan yang ditingkatkan jelas terkait dengan saat-saat ketika otak kecil lebih aktif.

"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah koneksi otak kecil dan serebelar-otak terlibat dalam fenomena memori episodik superior untuk membangkitkan informasi visual secara emosional," para peneliti melaporkan.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa otak kecil menerima informasi dari bagian depan korteks cingulate, kunci wilayah untuk memahami dan mengevaluasi perasaan sambil menyampaikan informasi ke amigdala dan hippocampus.

"Hasil ini menunjukkan bahwa otak kecil adalah komponen integral dari jaringan yang bertanggung jawab atas peningkatan penyimpanan informasi emosional," kata ahli saraf Dominique de Quervain dari Universitas Basel Swiss.

Menurut para ilmuwan, temuan penelitian dapat memperluas pengetahuan mengenai peran otak kecil dalam proses kognitif dan emosional yang kompleks.

Kesimpulannya bisa relevan untuk pemahaman gangguan kejiwaan dengan sirkuit emosional yang menyimpang, seperti gangguan stres pasca-trauma atau gangguan spektrum autisme, pungkas tim.

 

Untuk informasi terkini seputar dunia teknologi, sains dan anime, jangan lupa untuk subscribe halaman Facebook kami di sini.

BACA SELANJUTNYA

Canggih, Ilmuwan Temukan Cara untuk Kendalikan Komputer Langsung dari Otak