Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 21 Oktober 2022 | 20:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Upaya Amerika Serikat untuk membantu memerangi perubahan iklim dengan mengembangkan generasi baru pembangkit listrik tenaga nuklir kecil dilaporkan telah menemui hambatan potensial.

Dilansir dari Russia Today, satu-satunya pemasok komersial bahan bakar yang sangat diperkaya yang dibutuhkan untuk reaktor jenis baru ini berasal di Rusia.

Unit Tenex dari perusahaan energi nuklir milik negara Rusia, Rosatom, adalah satu-satunya perusahaan yang secara komersial memasarkan uranium yang diperkaya rendah uji tinggi (HALEU), jenis bahan bakar yang akan digunakan oleh reaktor baru yang canggih.

"Produksi HALEU adalah misi penting, dan semua upaya untuk meningkatkan produksinya sedang dievaluasi," kata juru bicara Departemen Energi AS (DOE) kepada outlet media.

Monopoli HALEU Rusia telah lama menjadi perhatian di Washington, tetapi krisis Ukraina mengangkat masalah ini ke keadaan darurat karena baik pemerintah maupun perusahaan yang mengembangkan reaktor canggih baru tidak ingin bergantung pada Moskow.

Akibatnya, pemerintahan Presiden Joe Biden dapat memanfaatkan persediaan uranium tingkat senjata Amerika untuk mengisi kekosongan pasokan.

Ilustrasi reaktor nuklir. (Pixabay/ Amort)

Pemerintah sedang mengevaluasi berapa banyak uraniumnya yang sangat diperkaya akan disisihkan untuk reaktor baru.

"Kami memahami perlunya tindakan segera untuk memberi insentif pada pembentukan pasokan Haleu yang berkelanjutan dan didorong oleh pasar," kata juru bicara DOE.

Washington melihat reaktor baru itu sebagai cara untuk memangkas emisi karbon dan mempercepat peralihan dari bahan bakar fosil.

Unit-unitnya modular dan jauh lebih efisien daripada pembangkit nuklir saat ini. Mereka juga lebih cepat untuk dibangun.

Namun, mereka membutuhkan bahan bakar yang diperkaya hingga 20% U-235, sekitar empat kali lipat dari level yang digunakan di pembangkit listrik tenaga nuklir saat ini.

Rosatom adalah satu-satunya produsen komersial bahan bakar tersebut dan mengontrol lisensi teknologinya kepada pengayaan Barat.

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Mulai Tertarik ke Bisnis Energi, Nuklir Jadi Tujuan