Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 31 Oktober 2022 | 18:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kita membutuhkan peta dunia sebagai titik referensi untuk semua yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Peta dunia berfungsi baik jika dipadukan dengan kumpulan data. Peta Dunia adalah representasi dari semua benua dan negara di dunia.

Melihat peta dunia memberitahu kita seberapa luas pengetahuan kita tentang dunia, pada saat yang sama.

Peta dunia dibuat dalam dua dimensi karena kebutuhan mendistorsi tampilan permukaan bumi tiga dimensi. Meskipun ini berlaku untuk peta apa pun, distorsi ini mencapai ekstrem di peta dunia.

Banyak teknik telah dikembangkan untuk menyajikan peta dunia yang membahas berbagai tujuan teknis dan estetika.

Hal yang menarik tentang peta dunia adalah bagaimana peta menawarkan portal ke dalam sejarah. Peta juga menggambarkan simbol yang mewakili hubungan wilayah, tema, dan objek.

Sesuai interpretasi ulang para ahli tentang kartografi kuno, sejarah akan terus ditulis ulang menggunakan peta.

Peta dunia ukuran sebenarnya. (Twitter/ neilrkaye)

Berikut fakta unik peta dunia yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Greenland dibagi menjadi dua di peta Pasifik-sentris.
2. Jalur penerbangan dari Taipei ke Vancouver terlihat lebih jauh pada peta dunia khas CIA daripada yang sebenarnya, karena distorsi proyeksi yang melekat pada Proyeksi Robinson, proyeksi yang digunakan oleh CIA dan sebagian besar peta buku teks.
3. Pada kenyataannya, Pegunungan Kong tidak ada. Meskipun demikian, Pegunungan Kong ditempatkan di peta Afrika selama 100 tahun lebih.
4. Peta pertama (peta Waldseemüller atau Universalis Cosmographia) untuk menyesuaikan nama Amerika dibuat oleh Martin Waldseemuller, seorang kartografer Jerman, pada tahun 1507. Ini adalah salah satu peta paling mahal di dunia. Perpustakaan Kongres AS membelinya seharga $10 juta pada tahun 2013.
5. Tidak semua tempat di peta ada. Di masa lalu, pembuat peta memiliki sumber daya yang terbatas, hal ini membuat mereka melakukan beberapa kesalahan saat membuat peta, seperti kasus Pegunungan Kong di peta Afrika.
6. Kartografer modern sering memasukkan kota dan tempat palsu ke dalam peta mereka dengan sengaja. Kota-kota palsu disebut pemukiman hantu, kota kertas atau kelinci. Oleh karena itu, ketika mereka menemukan peta dengan kota palsu yang serupa, mereka akan tahu bahwa itu adalah salinannya.
7. Google telah menciptakan setidaknya satu kota kertas di Argleton, Inggris. Ditemukan di Google Maps pada tahun 2008, meskipun lokasinya bukan kota tetapi tanah kosong. Kemudian, mereka menghapusnya, dan tidak ada yang tahu apakah itu jebakan hak cipta.
8. Kota Goblu dan Beatosu adalah contoh kota kertas, meskipun belum tentu merupakan jebakan hak cipta. Kota-kota tersebut muncul di beberapa peta resmi negara bagian Michigan pada 1970-an.
9. Peta telah ada sejak zaman lukisan gua. Di gua Prancis Lascaux, ada peta bintang yang diyakini berusia sekitar 16.500 tahun.
10. Menariknya, peta selalu memiliki proyeksi yang berbeda karena Bumi itu bulat, sedangkan petanya datar. Oleh karena itu, tidak ada peta dunia yang akurat, sehingga prediksi berubah tergantung pada tujuannya.

Itulah fakta unik peta dunia yang bisa menambah pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Objek Terpanas di Alam Semesta, Bukan Matahari apalagi Planet