Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 09 November 2022 | 17:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa hari menyiksa untuk merangkak keluar dari tempat tidur, begitu banyak yang secara alami tergoda untuk menekan "tombol tunda" dan menghabiskan 10 menit lagi antara mimpi dan kenyataan.

Meskipun ini mungkin tampak sangat memikat, sebenarnya ada konsekuensi yang sangat buruk bagi kesehatan Anda, para peneliti mengatakan.

Menurut para ilmuwan AS, orang yang secara teratur menekan tombol tunda pada alarm mereka mungkin menghadapi risiko yang cukup besar.

Sebuah studi besar yang melibatkan 450 orang dewasa, menggunakan perangkat survei dan perangkat yang dapat dikenakan, menunjukkan bahwa tunda kebiasaan menunjukkan lebih banyak tanda-tanda gangguan tidur.

"Sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang tunda diambil dari data tentang tidur, stres atau perilaku terkait," kata Stephen Mattingly, penulis utama studi yang melakukan penelitian saat menjadi peneliti pascadoktoral di Notre Dame bersama Aaron Striegel, profesor ilmu komputer dan teknik di Notre Dame.

"Jam alarm, smartphone, semuanya memiliki tombol tunda. Pendirian medis umumnya menentang penggunaan tunda, tetapi ketika kami pergi untuk melihat data keras apa yang ada, tidak ada."

Ilustrasi tidur. (pixabay/Engin_Akyurt)

Pada saat yang sama, Mattingly menyebutkan bahwa memencet tombol menunda mungkin merupakan cara bagi orang untuk melawan kelelahan, karena data medis memperkirakan bahwa satu dari tiga orang Amerika tidak cukup tidur secara teratur.

Dia juga mencatat bahwa mereka yang kerap begadang cenderung lebih banyak tertidur dan ditemukan lebih lelah secara umum.

Para peneliti menyimpulkan dengan mengatakan bahwa kadang-kadang menunda sebenarnya bisa bermanfaat, mencatat bahwa masih ada "begitu banyak yang tidak kita ketahui" tentang masalah ini.

BACA SELANJUTNYA

Deretan Situs untuk Cari Nada Alarm Sahur Lucu, Plus Doa-doanya