Kamis, 18 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 10 November 2022 | 09:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belakangan ini tes psikologi sedang menjadi tren. Banyak orang melakukan tes ini untuk mengetahui bagaimana kepribadiannya. Salah satu indikator untuk membaca kepribadian seseorang adalah MBTI.

MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. Isabel Briggs Myers dan ibunya, Katharine Cook Briggs, menciptakan konsep MBTI setelah terpesona oleh buku Psychological Types yang ditulis oleh psikiater Swiss Carl Jung. 

MBTI didirikan berdasarkan teori-teori psikolog terkenal, penting untuk dicatat bahwa MBTI saat ini dikenal sebagai bentuk pseudosains, dan tidak diterima sebagai konsep ilmiah yang valid oleh banyak psikolog saat ini.

Secara garis besar, MBTI adalah salah satu alat tes psikologi yang dapat mengungkap kepribadian secara lengkap. 

MBTI saat ini dapat diakses secara online, baik yang berbayar maupun yang gratis. Tetapi anda harus memilih tempat tes MBTI yang terpercaya, yang memiliki alat yang telah divalidasi atau di audit oleh ahlinya (psikolog).

Ilustrasi kepribadian orang. (Pexels)

Fungsi MBTI

Ketika kamu mengikuti tes ini, kamu akan diklasifikasikan ke dalam 16 tipe kepribadian. Tipe kepribadian ini terdiri dari kombinasi empat huruf yang berbeda. 

Misalnya, jika kamu termasuk tipe ISFJ, maka huruf tersebur merupakan hasil empat dikotomi tersebut meliputi: Introversi vs Extraversion, Sensing vs Intuition, Thinking vs Feeling, dan Judging vs Perceiving. 

Semua pertanyaan di MBTI dirancang untuk mengkategorikan individu ke dalam empat penunjukan kepribadian utama berdasarkan cara mereka menanggapi dunia di sekitar mereka, mengumpulkan informasi, membuat keputusan, dan berurusan dengan dunia luar.

Berikut ini adalah 16 tipe kepribadian yang sering ditemukan di tes MBTI:

1.  Inspektur (ISTJ) cenderung pendiam, praktis, pendiam, dan lebih menyukai perintah dan organisasi.

2. The Craftsperson (ISTP) sangat mandiri, aktif, dan suka berpikir dan bekerja dengan kecepatan mereka sendiri.

3. Artis/Komposer (ISFP) cenderung estetis, sensitif, dan santai.

4. Sang Pelindung (ISFJ) pendiam, penyayang, dan bertanggung jawab.

5. Advokat/Konselor (INFJ) lembut dan penuh perhatian, dan merupakan pengasuh yang kreatif dengan dorongan untuk membantu orang lain menyadari potensi mereka. 

6. Penyedia (ESFJ) adalah penolong, peka terhadap kebutuhan orang lain dan sangat berdedikasi pada tanggung jawab mereka. 

7. The Performer (ESFP) adalah seorang entertainer yang menawan dan suka bersenang-senang yang menyukai spontanitas dan perhatian.

8. Supervisor (ESTJ) adalah seorang tradisionalis yang taat aturan, metodis, pekerja keras, berdedikasi untuk menyelesaikan pekerjaan. 

9. Dynamo (ESTP) adalah pencari sensasi, dengan bakat energik untuk memadamkan api.

10. The Healer (INFP) adalah seorang idealis, dengan pandangan mereka tertuju pada potensi masa depan. Mereka dipandu oleh keyakinan dan nilai inti mereka. 

11. Mastermind (INTJ) adalah pemecah masalah, analitis di alam dan selalu melihat ke arah perbaikan dan inovasi. 

12. Arsitek (INTP) menyukai logika dan analisis tetapi selalu mencari apa yang menyatukan segala sesuatu di bawahnya. Mereka terpesona dengan sistem dan desain.

13. The Champion (ENFP) adalah pencipta yang energik, hangat, dan bersemangat yang berpusat pada pengembangan ide-ide baru. 

14. Komandan (ENTJ) adalah pemimpin strategis dengan visi, cepat melihat solusi baru dan mengatur perubahan. 

15. Guru (ENFJ) sering menjadi pengatur dan katalis untuk pertumbuhan manusia, karena kemampuan yang mendalam untuk membujuk orang lain dan melihat potensi mereka. 

16. The Visionary (ENTP) adalah inovator sejati, dan terinspirasi oleh masalah yang kompleks dan menantang. Mereka terus mencari cara baru untuk menyelesaikannya. 

Itulah beberapa informasi tentang MBTI lengkap dengan 16 tipe kepribadian yang telah dirangkum tim Hitekno.com.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Karakter Demon Slayer Berdasarkan MBTI, Mirip Siapa Kamu?