Senin, 27 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 16 November 2022 | 21:25 WIB

Hitekno.com - Drone ruang angkasa otonom militer Amerika Serikat, yang telah lama diselimuti misteri, kembali ke Bumi akhir pekan ini menyusul apa yang digambarkan Boeing sebagai penerbangan yang memecahkan rekor.

Drone ruang angkasa X-37B rahasia militer AS mendarat pada hari Sabtu (12/11/2022) setelah dikerahkan hampir dua setengah tahun.

Dilansir dari Sputnik News, 908 hari di orbit adalah rekor untuk pesawat ruang angkasa, dilaporkan melebihi rentetan terpanjang sebelumnya sekitar empat bulan.

Sebuah rilis berita yang diterbitkan oleh produsen drone otonom tersebut menunjukkan muatannya kali ini "termasuk eksperimen energi matahari yang dirancang oleh Naval Research Lab, serta satelit yang dirancang dan dibangun oleh kadet di Akademi Angkatan Udara AS" merujuk ke apa yang disebut "FalconSat-8, " sebuah satelit kecil dilaporkan bermaksud untuk menguji sistem propulsi elektromagnetik.

Ilustrasi roket. (pixabay/Free-Photos)

Eksperimen lain yang seharusnya dilakukan oleh peralatan di atas X-37B termasuk teknologi yang dimaksudkan untuk mengirimkan tenaga surya ke tanah dari luar angkasa melalui energi gelombang mikro yang bekerja dengan frekuensi radio.

"Ini adalah misi rahasia, dan apa yang diklasifikasikan tentang itu adalah detail kendaraan itu sendiri, misi yang akan dilakukannya di orbit dan di mana ia akan melakukan itu," jelas Tony Bruno, CEO United Launch Alliance, layanan peluncuran pesawat ruang angkasa yang dimiliki bersama oleh Lockheed Martin dan Boeing.

BACA SELANJUTNYA

One Punch Man: Apakah Saitama Bisa bernafas di Luar Angkasa?