Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 02 Desember 2022 | 20:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Fosil itu awalnya ditemukan beberapa tahun yang lalu di Montana, dengan para peneliti dipaksa untuk mengekstraknya dari bawah lapisan batuan padat.

Dilansir dari Sputnik News, sisa-sisa fosil dinosaurus ini mungkin terkait dengan Tyrannosaurus rex yang terkenal dan telah diidentifikasi oleh para peneliti.

Fragmen fosil dari apa yang pernah menjadi dinosaurus yang dimaksud, Daspletosaurus wilsoni (dinamai menurut orang yang menemukan spesimen holotipe, John Wilson), awalnya ditemukan di negara bagian Montana, AS, di Formasi Sungai Judith dari situs yang ditemukan pada tahun 2017.

Ilustrasi kerangka T-rex. (Pixabay/ Katie Rose)

Setelah berhasil mengekstraksi fragmen dari bawah batuan padat, ahli paleontologi di AS sekarang mendalilkan bahwa dinosaurus ini ada lebih dari 76 juta tahun yang lalu dan termasuk dalam keluarga Tyrannosauridae – keluarga yang mencakup Tyrannosaurus rex.

"Deskripsi takson ini memberikan wawasan tentang mode evolusi di Tyrannosaurinae, meminjamkan kekuatan pada hipotesis anagenesis sebelumnya di dalam Daspletosaurus dan meningkatkan resolusi yang dengannya evolusi garis keturunan ini dapat direkonstruksi," tulis para peneliti dalam sebuah makalah yang diterbitkan minggu lalu di Paleontologi dan Ilmu Evolusi.

 

BACA SELANJUTNYA

Ditemukan Fosil Kanguru Raksasa, Berusia 42 Ribu Tahun