Sabtu, 24 Februari 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 02 Desember 2022 | 21:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Monarch Tractor, sebuah perusahaan traktor pintar listrik, mengatakan kendaraan pertanian bertenaga AI pertamanya, yang dijuluki MK-V, sedang meluncur dari jalur produksi.

Ini adalah produk pertama startup yang berbasis di Livermore, California, dan menggunakan platform AI tepi Jetson Nvidia untuk melakukan tugas-tugas pertanian dengan atau tanpa pengemudi di belakang kemudi.

"NVIDIA Jetson memungkinkan MK-V untuk menjalankan aplikasi AI real-time latensi rendah sekaligus menghemat energi untuk masa pakai baterai yang lebih lama dan waktu pengoperasian yang lebih lama," kata CEO Monarch Tractor Praveen Penmetsa.

Setiap MK-V menggunakan enam modul system-on-jet Xavier NX yang memungkinkan mereka menavigasi lapangan hanya dengan menggunakan kamera.

Menurut Penmetsa ini sangat penting untuk keselamatan karena lingkungan pertanian mungkin tidak memiliki sinyal GPS. Lingkungan visual diambil oleh dua kamera 3D ditambah enam kamera standar.

Monarch Tractor MK-V. (The Verge/Monarch Tractor)

Menurut Nvidia dan Monarch:

Traktor mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan. Data ini dapat digunakan untuk penyesuaian implementasi real-time, perkiraan hasil jangka panjang, tahap pertumbuhan saat ini dan metrik kesehatan tanaman dan tanaman lainnya.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2018, tahun yang sama ketika Nvidia meluncurkan komputer AI Jetson Xavier dan platform pengembang Isaac yang membantu perusahaan mengembangkan dan melatih robot otonom.

Banyak traktor di ladang pertanian memiliki mode semiautonom tetapi sebagian besar membutuhkan pengemudi untuk duduk. Mereka juga sebagian besar menggunakan gas diesel, sehingga MK-V, dengan desain listrik penuh dan kecerdasan opsional pengemudi, mengklaim itu adalah model produksi pertama dari jenisnya.

Enam traktor MK-V "Seri Pendiri" pertama akan digunakan untuk perusahaan anggur dan minuman keras Constellation Brands.

Monarch Tractor mengumpulkan $61 juta selama putaran investasi Seri B pada tahun 2021 dan sejak itu telah mengumpulkan lebih dari $110 juta.

Monarch bermitra dengan Foxconn, perusahaan yang memproduksi sebagian besar iPhone Apple, perusahaan sedang membangun MK-V di bekas pabrik GM di Lordstown, Ohio.

BACA SELANJUTNYA

Profil Startup TaniHub, Perusahaan yang Peduli dengan Nasib Petani