Senin, 29 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 14 Desember 2022 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah pembom nuklir siluman Angkatan Udara AS terbakar pada Sabtu (10/12/2022) setelah terpaksa melakukan pendaratan darurat di Missouri karena kerusakan teknis.

Dilansir dari Russia Today, B-2 Spirit mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Whiteman dan mengalami kerusakan di landasan pacu setelah mengalami "kerusakan dalam penerbangan selama operasi rutin," menurut pernyataan Angkatan Udara AS.

"Ada kebakaran yang terkait dengan pesawat setelah mendarat, dan pemadam kebakaran pangkalan memadamkan api."

Tidak ada laporan cedera dari insiden tersebut, yang masih dalam penyelidikan. Gambar diam yang konon berasal dari tempat kejadian - seperti yang disiarkan oleh KMBC-TV, afiliasi ABC News di Kansas City, Missouri - tampaknya menunjukkan asap mengepul dari lokasi kecelakaan.

Tembakan lain tampaknya menunjukkan pembom duduk di tanah, tanpa roda pendaratannya terlibat, dan dengan asap membubung dari belakang pesawat.

Sayap Bom ke-509 di Whiteman menggembar-gemborkan B-2 Spirit sebagai "pesawat paling strategis di dunia."

Dengan biaya unit sekitar $1.16 miliar ketika mulai beroperasi pada tahun 1997 ($2.15 miliar pada tahun 2022), pesawat ini dilaporkan sebagai pembom termahal di dunia.

Pesawat siluman B-2 lainnya rusak di Whiteman tahun lalu, ketika kegagalan mekanis menyebabkan roda pendaratan kiri runtuh saat mendarat. Angkatan Udara AS menyalahkan kerusakan itu pada "pegas usang."

Kontraktor pertahanan utama di B-2 Spirit, Northrop Grumman, awal bulan ini meluncurkan pesawat baru yang akan menggantikannya, B-21 Raider.

BACA SELANJUTNYA

Mencekam dan Tragis, Detail Jatuhnya Pesawat Yeti Airlines Diungkap FlightRadar24