Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 19 Desember 2022 | 19:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Orang tua akhir-akhir ini sering menggunakan gadget seperti laptop, tablet atau ponsel untuk menenangkan anak yang rewel.

Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa taktik semacam itu bisa jauh lebih berbahaya bagi anak-anak daripada yang pernah dibayangkan orang tua.

Dilansir dari Sputnik News, sebuah penelitian telah menemukan bahwa anak-anak yang orang tuanya memakai ke perangkat elektronik agar mereka "teralihkan", maka anaknya akan sering menderita gangguan perilaku, dan ini terutama terjadi pada anak laki-laki, terutama yang hiperaktif.

Studi ini melibatkan 422 anak berusia antara tiga dan lima dan 422 orang tua dari anak-anak tersebut. Riset ini berlangsung enam bulan, dilakukan dengan merekam reaksi emosional anak-anak, perubahan suasana hati, perubahan mendadak dalam kesejahteraan, dan peningkatan impulsivitas.

"Menggunakan perangkat seluler untuk menenangkan anak kecil mungkin tampak seperti alat sementara yang tidak berbahaya untuk mengurangi stres dalam rumah tangga, tetapi mungkin ada konsekuensi jangka panjang jika itu adalah strategi menenangkan yang teratur," kata penulis utama Jenny Radesky, seorang dokter anak perilaku perkembangan di University of Michigan Health C.S. Mott Children's Hospital.

"Pengasuh mungkin mengalami kelegaan langsung dari penggunaan perangkat jika mereka dengan cepat dan efektif mengurangi perilaku negatif dan menantang anak-anak," kata Radesky.

"Ini terasa bermanfaat bagi orang tua dan anak-anak dan dapat memotivasi mereka berdua untuk mempertahankan siklus ini ... Semakin sering perangkat digunakan, semakin sedikit latihan anak-anak – dan orang tua mereka – untuk menggunakan strategi koping lainnya."

Di antara metode yang mungkin tidak memerlukan gadget elektronik, ilmuwan membuat tips penting:

  • Beri nama emosi dan apa yang harus dilakukan tentang hal itu: Penamaan emosi dapat membantu anak untuk memahami apa yang dia rasakan dan menunjukkan kepada anak bahwa orang tua memang peduli pada mereka, yang mungkin membantu mengelola emosi dengan lebih mudah.
  • Teknik sensorik: Menyalurkan energi anak-anak ke dalam bentuk tindakan tertentu (seperti berayun, berpelukan, melompat di atas trampolin, mendengarkan musik atau melihat buku) untuk membantu menenangkan mereka.
  • Zona warna: Menamai emosi sebagai warna (biru untuk bosan, hijau untuk tenang, kuning untuk cemas / gelisah, merah untuk marah) dapat membantu anak untuk memahami lebih baik keadaan emosinya dan merespons dengan benar.
  • Tawarkan perilaku pengganti: Membantu anak-anak menemukan pola perilaku yang lebih aman (memukul bantal alih-alih saudara kandung, dengan jelas menyatakan kebutuhan mereka, dll) dapat menyelesaikan beberapa masalah komunikasi dan menyelesaikan konflik.

"Semua solusi ini membantu anak-anak memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik, dan merasa lebih kompeten dalam mengelola perasaan mereka," kata Radesky.

"Sebaliknya, menggunakan pengalih perhatian seperti perangkat seluler tidak mengajarkan keterampilan - itu hanya mengalihkan perhatian anak dari perasaannya. Anak-anak yang tidak membangun keterampilan ini pada anak usia dini lebih cenderung berjuang ketika stres di sekolah atau dengan teman sebaya seiring bertambahnya usia."

BACA SELANJUTNYA

Andalkan Laptop Pixelwar dan Workplus, Advan Raih 2 Award sekaligus