Selasa, 16 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 25 Desember 2022 | 16:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Orang-orang memiliki segala macam fobia, seringkali ketakutan irasional, dan kebencian yang dipicu oleh objek atau situasi tertentu.

Sementara banyak yang telah dipelajari dan ditulis tentang gangguan kecemasan seperti yang telah disebutkan dan tim peneliti berangkat untuk menyelidiki alasan di balik keengganan terhadap rasa senang.

Dilansir dari Sputnik Newsrasa takut mengalami kegembiraan, mendorong upaya yang disengaja untuk menghindari emosi ini, sering didorong oleh faktor-faktor seperti masa kecil yang tidak bahagia, perfeksionisme yang tidak semestinya, kesepian, dan kepercayaan pada ilmu hitam dan karma, sampel lintas budaya yang dilakukan oleh tim peneliti mengungkapkan.

Beberapa orang benar-benar membenci kebahagiaan, atau memiliki "keengganan" yang berbeda terhadapnya, menggarisbawahi Mohsen Joshanloo, seorang profesor psikologi di Universitas Keimyung di Korea Selatan, dan penulis studi tersebut.

Psikolog lintas budaya menggambarkan konsep ini sebagai "keyakinan bahwa mengalami atau mengekspresikan kebahagiaan dapat menyebabkan hal-hal buruk terjadi."

"Kebahagiaan biasanya disebut sebagai tujuan akhir hidup yang diperjuangkan (atau harus diperjuangkan oleh setiap orang). Tetapi sekitar satu dekade yang lalu, saya menjadi percaya bahwa ini tidak benar untuk semua orang," Joshanloo, honorary principal fellow di University of Melbourne, mengklarifikasi.

Kembali pada tahun 2013, Joshanloo datang dengan lima item "skala ketakutan akan kebahagiaan."

Sekarang, dia menggunakannya untuk subjek studi di sejumlah besar negara. Dia menemukan bahwa orang-orang dalam beberapa budaya cenderung "memprioritaskan kerja keras, agama, keadilan, moralitas, keunggulan, dan prestise" daripada kebahagiaan.

Tapi itu belum semuanya, karena beberapa individu sebenarnya mempertanyakan perlunya berjuang untuk menjadi bahagia. Mereka tampaknya berpikir bahwa kebahagiaan bahkan bisa berbahaya.

"Saya memulai serangkaian penelitian tentang ketakutan akan kebahagiaan atau keengganan terhadap kebahagiaan dalam budaya yang berbeda untuk menyangkal gagasan yang tersebar luas bahwa semua orang terus-menerus berjuang untuk kebahagiaan dan memprioritaskan kebahagiaan di atas segalanya ... Hari ini, saya dapat mengatakan bahwa penelitian empiris yang telah saya dan peneliti lain lakukan telah membuahkan hasil dan bahwa ada kesadaran yang lebih besar dalam ilmu sosial tentang keragaman konsep awam kebahagiaan."

871 orang dewasa yang berpartisipasi dalam penelitian ini berasal dari AS, Inggris, Prancis, Spanyol, Belanda, Brasil, Vietnam, Filipina, India, dan Rumania.

Mereka diminta untuk menanggapi survei online, di mana mereka menilai persetujuan mereka dengan pernyataan seperti, "Saya lebih suka tidak terlalu gembira, karena biasanya kegembiraan diikuti oleh kesedihan."

Survei ini juga mencakup "ukuran sembilan variabel prediktor potensial," penulis menunjukkan.

Ketika "kekuatan prediktif" dari variabel diuji bahwa ternyata keyakinan "keengganan terhadap kebahagiaan" berakar jauh lebih dalam pada mereka yang lebih muda, kesepian, dan menunjukkan standar kesempurnaan yang terlalu tinggi.

Dalam twist yang menarik, sebagian besar orang yang merasakan keengganan kegembiraan percaya pada ilmu hitam atau karma, dan mempertahankan kenangan masa kecil yang tidak bahagia.

"Di tingkat individu ... kepercayaan pada fenomena paranormal, dan memegang pemahaman kolektivistik tentang kebahagiaan secara positif dikaitkan dengan keengganan terhadap kebahagiaan," kata penelitian tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Mikroba di Kutub yang Bisa Urai Plastik