Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 29 Desember 2022 | 09:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta yang berpotensi diguyur hujan ekstrem pada 30 dan 31 Desember 2022.

Tidak hanya Jakarta, melalui akun Twitter resminya pada Rabu malam (28/12/2022) disampaikan hujan ekstrem juga berpotensi mengguyur Bekasi.

"Wilayah yang berpotensi hujan dengan instensitas ekstrem merata di DKI Jakarta dan Bekasi," tulis BMKG.

Sementara itu kawasan Tangerang, Bogor dan Jakarta bagian selatan akan berpotensi disiram hujan dengan intensitas sangat lebat. Prakiraan cuaca ini berlaku mulai 30 Desember pukul 7.00 WIB hingga waktu yang sama di 31 Desember.

Sementara pada 29 - 30 Desember besok, BMKG memprakirakan akan terjadi hujan dengan instensitas ringan hingga sedang di wilayah Jabodetabek.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ada di wilayah Jakarta Utara," beber BMKG melalui Twitter.

Sebelumnya BMKG memang memprediksi adanya cuaca buruk di Jabodetabek di penghujung 2022. Cuaca ekstrem tersebut berpeluang menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, dan tanah longsor.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak Impact-Based Forecast (IBF), daftar wilayah potensi cuaca ekstrem yaitu sebagian Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT. 

Meski demikian BMKG mengatakan bahwa cuaca ekstrem akhir 2022 tidak akan separah cuaca ekstrem 2019. Salah satu penyebabnya adalah nihilnya La Nina.

Itulah prakiraan cuaca disampaikan BMKG yang menyebutkan adanya potensi hujan ekstrem di wilayah Jakarta dan Bekas pada 30 dan 31 Desember 2022. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

El Nino 2023 Diprediksi Melanda Indonesia, Ini Dampak dan Tanda-tandanya