Minggu, 03 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 02 Januari 2023 | 08:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Keberadaan motor listrik memang sedang jadi buah bibir belakangan ini. Apalagi jika dihitung-hitung, harga motor listrik masih jauh lebih murah ketimbang harga motor dengan bahan bakar bensin.

Untuk membeli motor berbahan bakar BBM, kamu setidaknya harus mengeluarkan uang Rp17 jutaan atau lebih.

Namun jika melirik motor listrik, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp10 jutaan saja. Belum lagi soal iming-iming pemakaian bahan bakar listrik lebih murah ketimbang BBM.

Dan yang paling penting, pemerintah dikabarkan tengah berencana memberikan subsidi untuk kamu yang ingin membeli motor dan atau mobil listrik.

Meski demikian, masih banyak juga yang ragu untuk membeli motor listrik ini karena kualitas dan aftermarketnya yang belum jelas.

Berikut Hitekno.com telah merangkum beberapa hal yang pelu kamu persiapkan sebelum memantapkan diri membeli motor listrik pada tahun 2023 ini.

1. Cek tenaganya

Pertama jelas kamu harus mengecek tenaga dan daya tempuhnya. Sejauh ini di Indonesia, belum ada motor listrik yang bisa mencapai kecepatan 100 km/jam.

Sebagian besar motor listrik hanya menyediakan kecepatan 60km/jam saja. Tentu saja ini sedikit rawan, terutama jika digunakan untuk berkendara pada malam hari.

2. Cek SPKLU

Tak seperti motor BBM yang bisa mengisi daya di SPBU, tempat pengisian motor listrik bernama SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Kalau saran dari Hitekno.com, belilah motor listrik saat wilayah yang dekat dengan rumahmu sudah banyak memiliki SPKLU. Sebab ini bisa kamu andalkan jika motormu mendadak kehabisan daya di tengah jalan.

3. Daya di Rumahmu Harus di Atas 900 Watt

EVP Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan bahwa daya minimum rumah apabila kamu ingin memiliki motor listrik adalah 900 VA atau 900 Watt.

Jadi buat kamu yang rumahnya masih menggunakan daya di bawah 900 Watt, ada baiknya kamu urungkan dahulu membeli motor listrik karena kamu akan kesulitan untuk mengisi dayanya.

4. Cari Dealer dengan Kualitas Baik

Jika diperhatikan, saat ini ada banyak brand-brand baru yang coba peruntungan di pasar motor listrik.

Kamu sebagai pembeli harus cerdas dalam memilih produsen dan dealer motor listrik sebelum membelinya. Jangan sampai, jika ada sesuatu terjadi pada motor kamu, dealer angkat tangan karena aturan yang tidak jelas sejak awal.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Link Download Asian Drag Champion Mod APK Banyak Diburu, Apakah Aman?