Rabu, 08 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 12 Januari 2023 | 15:31 WIB

Hitekno.com - Ilmuwan Jepang tengah memulai penelitian bagaimana menghasilkan sumber tenaga listrik dari salju. Hasil penelitian ini diharapkan bisa jadi sumber energi terbarukan di masa depan.

Para peneliti dari Aomori, Jepang ini telah memulai penelitian mereka dengan mempelajari bagaimana bisa menghasilkan tenaga listrik dari saljut.

Proyek penelitian ini dilakukan bersama dengan starup yang bergerak di bidang teknologi dan informasi, Forte Co dari .University of Electro-Communications.

Para ilmuwan sedang berupaya membangkitkan turbin dengan energi yang dihasilkan saat cairan didinginkan oleh salju yang tersimpan kemudian diuapkan oleh panas udara di sekitarnya.

Para peneliti memulai uji coba di sebuah kolam renang sekolah dasar yang lama ditinggalkan untuk mengeksplorasi perbedaan suhu antara salju yang tersimpan dan udara di sekitarnya untuk bisa dimanfaatkan.

"Salju telah diperlakukan sebagai gangguan, tetapi kami dapat memanfaatkannya dengan baik," kata seorang pejabat kota, dikutip dari JapanToday, Selasa (10/1/2023).

Penelitian lebih lanjut untuk melestarikan salju serta jumlah listrik yang dapat dihasilkan akan dilakukan sebelum produksi listrik dimulai pada musim semi.

Menurut Suara.com, tantangannya termasuk menemukan fasilitas berskala besar untuk menyimpan salju serta mengamankan udara panas selama musim dingin.

Untuk mendapatkan perbedaan suhu yang besar, perusahaan akan mempertimbangkan untuk menggunakan panas dari sumber air panas.

"Ini adalah sumber energi terbarukan yang unik untuk wilayah dengan salju lebat. Ini juga akan mengarah pada penciptaan industri baru," kata Jun Kasai, Kepala Forte.

Itulah upaya para ilmuwan Jepang untuk meneliti bagaimana cara menghasilkan sumber tenaga listrik dari salju. Bisakah jadi energi masa depan? (Suara.com/ Manuel Jeghesta Nainggolan)

BACA SELANJUTNYA

Stabil Usai Dihajar Sanksi AS, Industri Chip China Malah Terancam Terpukul oleh Hukuman Jepang