Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 06 Februari 2023 | 16:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gempa bumi adalah peristiwa alam yang dapat memiliki dampak yang sangat besar pada lingkungan dan masyarakat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk memahami tindakan yang harus diambil dan tindakan yang tidak boleh diambil saat terjadi gempa bumi.

Berikut adalah lima hal yang tidak boleh dilakukan saat terjadi gempa bumi:

  1. Jangan panik: Ketika terjadi gempa bumi, jangan membiarkan diri Anda terpengaruh oleh ketakutan dan panik. Ini akan membuat Anda kurang berfikir jernih dan mengambil tindakan yang salah.
  2. Jangan berlari keluar rumah: Jangan berlari keluar rumah saat gempa bumi, karena hal ini dapat menimbulkan bahaya tambahan, khususnya jika dilakukan oleh banyak orang bersamaan sehingga jalanan jadi penuh.
  3. Jangan berdiri dekat dengan bangunan tinggi atau objek besar: Jangan berdiri dekat dengan bangunan tinggi atau objek besar seperti jembatan atau tower, karena hal ini dapat menimbulkan bahaya jika bangunan atau objek tersebut runtuh.
  4. Jangan berusaha menyelamatkan barang-barang pribadi: Jangan berusaha menyelamatkan barang-barang pribadi seperti televisi atau peralatan elektronik saat terjadi gempa bumi, karena hal ini dapat membahayakan diri Anda dan orang lain.

Dengan memahami hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat terjadi gempa bumi, Anda dapat memastikan bahwa Anda dan orang-orang di sekitar Anda dapat bertindak dengan benar dan aman saat terjadi bencana alam.

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami