Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 02 Maret 2023 | 14:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pasukan Pertahanan Kimia dan Biologi (RCB) mulai mengungkap sejauh mana program bioweapon AS di Ukraina musim semi tahun lalu berdasar informasi yang diperoleh selama operasi militer khusus Moskow di negara itu, yang diluncurkan pada 24 Februari 2022.

Dilansir dari Sputnik Newsbiolab yang didanai AS menimbulkan risiko bagi seluruh populasi planet ini terkait dengan potensi penyebaran patogen yang baru dikembangkan, Anna Popova, kepala Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan Manusia (Rospotrebnadzor), telah menyatakan.

"Tentu saja ada risiko penyebaran patogen baru, tidak dikenal, dan lanjut di luar sana. Juga luar biasa bahwa ada publikasi di mana mereka secara terbuka menyatakan bahwa mereka mempelajari patogen dan meningkatkan sifat-sifatnya. Menurut pendapat saya, ini adalah pelanggaran yang jelas terhadap konvensi tentang senjata biologis," kata Anna Popova.

"Negara-negara di mana laboratorium semacam itu muncul berisiko kehilangan atau mungkin telah kehilangan kedaulatan biologis mereka, tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang terjadi di dalam laboratorium ini," imbuh Popova.

Ilustrasi virus. (Centers for Disease Control and Prevention)

Kementerian Pertahanan Rusia (MoD) telah merilis sejumlah informasi yang berkaitan dengan program biologis Pentagon di Ukraina, yang diperoleh selama moskow Operasi militer khusus yang diluncurkan pada 24 Februari 2022.

Menurut informasi yang dikutip oleh MoD Rusia, Amerika Serikat menyalurkan lebih dari $ 200 juta ke biolabnya di tanah Ukraina, diduga menggunakannya sebagai bagian yang melekat pada militer Amerika Program Biologi.

Kembali pada Maret 2022, karena semakin banyak informasi yang muncul terkait dengan biolab, Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik Victoria Nuland mengakui bahwa Ukraina memiliki fasilitas penelitian biologi dan bahwa pemerintah AS khawatir bahwa "bahan" dari fasilitas ini dapat jatuh ke tangan militer Rusia selama operasi mereka di Ukraina.

Pada bulan Juni tahun yang sama, Pentagon Menyatakan bahwa selama 20 tahun terakhir, AS telah "bekerja secara kolaboratif untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pengawasan penyakit biologis Ukraina untuk kesehatan manusia dan hewan, memberikan dukungan kepada 46 laboratorium Ukraina yang damai, fasilitas kesehatan, dan tempat diagnostik penyakit."

Namun, menurut komisi Majelis Federal Rusia yang dibentuk untuk menyelidiki kegiatan laboratorium biologi yang disponsori AS di luar negeri, saat ini ada sekitar 400 laboratorium semacam itu fasilitas penelitian tujuan ganda.

Baru-baru ini, Pasukan Pertahanan Radiologis, Kimia, dan Biologi (RCB) Rusia mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 AS mengevakuasi spesialis Ukraina yang bekerja pada bioweapon ke negara-negara barat, termasuk AS, Kanada, dan di seluruh Uni Eropa.

Relokasi dilakukan, sebagian, untuk mencegah Rusia memperoleh informasi lebih lanjut tentang kegiatan oleh spesialis Ukraina dan AS yang mungkin bertentangan dengan kewajiban internasional dan norma perjanjian.

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Apa Alasan Crocodile Mengincar Senjata Kuno Pluton