Kamis, 28 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 04 Maret 2023 | 12:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Piramida Cheops, juga dikenal sebagai Piramida Besar, dibangun di dataran tinggi Giza di pinggiran Kairo oleh Firaun Dinasti Keempat Khufu, yang memerintah dari 2509 hingga 2483 SM.

Para ilmuwan telah menemukan koridor baru di dekat pintu masuk utama Piramida Agung Giza, mengutip pejabat barang antik Mesir.

Menurut Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir Ahmed Issa seperti dilansir dari Sputnik News, koridor, yang panjangnya sembilan meter dan lebar sedikit lebih dari dua meter, ditemukan di piramida selama pemindaian monumen Lembah Giza yang dimulai pada 2015.

Perlu dicatat bahwa koridor itu mungkin dirancang untuk meringankan berat struktur besar, yang dibangun sebagai ruang pemakaman kerajaan sekitar 2560 SM.

"Penemuan ini, menurut saya, adalah penemuan paling penting di abad ke-21," kata mantan menteri barang antik Mesir Zahi Hawass, seperti dikutip media.

Piramida Giza. (Sky)

Para ilmuwan menemukan koridor menggunakan radiografi muon sinar kosmik sebelum mendapatkan gambarnya dengan melewati endoskopi setebal 6mm, yang dikembangkan di Jepang, melalui koneksi kecil di batu piramida.

Si Piramida Giza kompleks arkeologi terletak di dataran tinggi Giza dekat Kairo - di tepi barat sungai Nil. Kompleks ini berusia lebih dari 4.500 tahun. Ini terdiri dari tiga piramida firaun dari dinasti keempat: Chephren, Cheops (Khufu) dan Meekerin.

BACA SELANJUTNYA

Siapa Ibnu Al Haitam? Ternyata Kontribusinya di Bidang Optik Bikin Tercengang