Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 17 Maret 2023 | 20:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menentang investasi baru dalam energi karbon, termasuk di Amerika Serikat, juru bicara Stephane Dujarric mengatakan pada hari Senin (13/3/2023) setelah pemerintahan Biden menyetujui proyek pengeboran minyak di Alaska (WIllow Project).

"Investasi baru dalam energi karbon adalah sesuatu yang ditentang oleh Sekretaris Jenderal apakah itu terjadi di negara mana pun, termasuk Amerika Serikat dan Teluk, di mana saja, di mana pun Anda ingin melihatnya," kata Dujarric seperti dilansir dari Sputnik News.

Dujarric mengatakan dia tidak akan mengomentari apakah AS sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia, memberikan contoh yang baik untuk negara lain dan menolak untuk mengkonfirmasi apakah sekretaris jenderal akan mengangkat topik tersebut dengan Presiden Joe Biden.

"Saya tidak akan memprediksi percakapan apa yang akan Sekretaris Jenderal lakukan," kata Dujarric, meskipun mencatat bahwa dia tidak percaya proyek semacam itu menggerakkan dunia ke arah yang benar.

Pada hari Senin, Departemen Dalam Negeri AS memberikan lampu hijau tiga dari lima lokasi pengeboran lokasi yang diusulkan oleh ConocoPhillips di bawah Rencana Pengembangan Induk Willow di National Petroleum Reserve-Alaska (NPR-A).

Persetujuan itu diberikan meskipun ada keberatan kuat dari aktivis lingkungan yang khawatir tentang konsekuensi potensial dari proyek tersebut terhadap perubahan iklim.

BACA SELANJUTNYA

Ramai Dikecam oleh Aktivis Lingkungan, Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Willow Project