Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 17 Maret 2023 | 21:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Abu vulkanik adalah campuran batuan, mineral, dan partikel kaca yang dikeluarkan dari gunung berapi saat terjadi letusan. Abu vulkanik ini adalah kombinasi dari belerang dan tanah liat bentonit dan alasan mengapa sangat populer adalah karena sifatnya yang berpori, kecil, dan menyerap.

Partikelnya sangat kecil berdiameter kurang dari 2 milimeter. Bersama dengan uap air dan gas panas lainnya, abu vulkanik merupakan bagian dari kolom abu gelap yang naik di atas gunung berapi saat meletus. Karena ukurannya yang kecil dan kerapatannya yang rendah, partikel penyusun abu vulkanik dapat menempuh jarak yang jauh, terbawa angin.

Ketika kolom abu dipindahkan oleh angin, itu disebut bulu-bulu abu. Akhirnya, abu di langit jatuh ke tanah. Ini dapat membuat lapisan tebal bahan seperti debu di permukaan bermil-mil di sekitar letusan asli. Abu vulkanik bisa menjadi efek samping yang serius dari letusan gunung berapi.

Di balik sederet bahaya abu vulkanik, ternyata ada manfaat abu vulkanik yang keluar dari letusan gunung berapi. Apa saja? Berikut manfaat abu vulkanik yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Bahan Skincare

Abu vulkanik merupakan kombinasi dari belerang dan tanah liat bentonit dan alasan mengapa sangat populer adalah karena sifatnya yang berpori, kecil, dan menyerap. Ini berarti abu vulkanik bekerja sangat baik untuk kulit berminyak dan membantu menghilangkan minyak dari wajah.

Abu vulkanik juga sangat efektif dalam membersihkan polusi, kotoran atau kotoran yang menempel di wajah kita dan masuk ke pori-pori yang menyebabkan jerawat atau komedo yang tidak perlu.

2. Regenerasi Lapisan Tanah

Dalam jangka waktu yang lama, abu vulkanik dapat mencegah terbentuknya ruang udara dalam tanah yang dapat melindungi tanaman dari akibat perubahan suhu yang drastis. Manfaat abu vulkanik ini sebagai pelindung tanaman. Selain itu, manfaat abu vulkanik lainnya dapat menahan air lebih lama yang dapat memudahkan bakteri baik berkembang biak untuk kesuburan tanah.

3. Menjadi Pupuk

Manfaat abu vulkanik lainnya dapat digunakan sebagai pupuk yang digunakan untuk perkembangan tanaman. Abu vulkanik memiliki 4 jenis mineral yang baik untuk menyuburkan tanaman seperti Alumunium (AI), Magnesium (Mg), Besi (Fe), dan Silika (Si).

4. Mengusir Hama Serangga atau Gulma

Manfaat abu vulkanik secara alami dapat bermanfaat untuk mengusir hama serangga yang hidup dan berkembang biak pada tanaman pertanian. Hal ini karena serangga tidak dapat tinggal di area yang terlalu asam karena abu vulkanik dan otomatis populasi hama akan menurun.

Itulah beberapa manfaat abu vulkanik yang perlu kamu ketahui terlepas dari bahayanya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Apa Dampak Abu Vulkanik Bagi Kesehatan dan Lingkungan?