Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 09 April 2023 | 08:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penjualan microchip di seluruh dunia turun 4% pada bulan Februari secara bulanan menjadi $ 39,7 miliar, Asosiasi Industri Semikonduktor melaporkan.

Dilansir dari Russia Today, angka tersebut 20,7% lebih rendah dari pada Februari 2022, ketika penjualan mencapai $50 miliar.

"Penjualan semikonduktor global terus melambat pada Februari, menurun dari tahun ke tahun dan bulan ke bulan selama enam bulan berturut-turut," Presiden dan CEO John Neuffer mengatakan.

"Siklus pasar jangka pendek dan hambatan ekonomi makro telah menyebabkan penjualan mendingin, tetapi prospek jangka menengah dan panjang pasar tetap cerah, berkat meningkatnya permintaan di berbagai pasar akhir," Neuffer menambahkan.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa secara regional, penjualan tahun-ke-tahun sedikit meningkat pada bulan Februari di Jepang (1,2%), tetapi menurun di Eropa (-0,9%), Amerika Utara dan Selatan (-14,8%), Cina (-34,2%) dan seluruh dunia (-22,1%). Penjualan bulanan turun di semua wilayah.

Asosiasi ini mewakili 99% dari industri semikonduktor AS berdasarkan pendapatan dan hampir dua pertiga dari perusahaan chip non-AS.

Semikonduktor digunakan dalam sejumlah perangkat modern, dari smartphone hingga mobil self-driving, mesin cuci, komputasi canggih, dan peluru kendali. Mayoritas microchip dibuat di Asia Timur, dengan Taiwan memproduksi lebih dari 60%, dan sebagian besar sisanya dibagi antara Korea Selatan, Jepang, AS, dan Cina.

BACA SELANJUTNYA

Adu Chipset MediaTek Helio G99 vs Dimensity 810, Mana yang Lebih Sip?