Rabu, 29 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 20 April 2023 | 20:05 WIB

Hitekno.com - Satelit-satelit yang mengitari planet Saturnus menyimpan banyak misteri, beberapa di antaranya diduga sanggup untuk menaungi adanya makhluk hidup, salah satunya Enceladus.

Enceladus adalah bulan/satelit kecil Saturnus yang dikenal dengan geysernya yang menembakkan jet air dan material lainnya ke luar angkasa.

Dilansir dari Sputnik News, geyser ini berasal dari lautan bawah tanah air cair yang diyakini bersentuhan dengan inti berbatu, menjadikan Enceladus kandidat utama untuk menyimpan kehidupan di luar Bumi.

Ilustrasi cincin Saturnus saat berputar cepat. (NASA)

National Aeronautics and Space Administration (NASA) sedang mengembangkan robot mirip ular yang dapat mempercepat eksplorasi ruang angkasa dengan beradaptasi dengan medan yang berbeda, menurut laporan media.

Exobiology Extant Life Surveyor (EELS), atau robot mirip ular, mampu meluncur di atas medan yang sulit menggunakan roda berputar yang dilengkapinya. Ini dirancang untuk menjelajahi permukaan planet untuk menilai keberadaan kehidupan.

NASA Rencana untuk mengirim robot ke Enceladus, bulan terbesar keenam Saturnus, di mana air cair dan unsur-unsur kimia yang dibutuhkan dalam molekul organik (karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen dan belerang) telah ditemukan.

BACA SELANJUTNYA

5 Fakta Menarik Satelit Satria, Terbesar di Asia yang Diangkut SpaceX