Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 02 Mei 2023 | 14:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tahukah kamu, magnet bisa kamu biat sendiri dengan bahan dan peralatan yang ada di sekitar. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum cara membuat magnet sendiri dengan alat dan bahan sederhana.

Sebagai diketahui, magnet adalah benda yang memiliki medan magnet dan dapat menarik benda logam seperti besi atau nikel.

Magnet dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari magnet kecil dalam perangkat elektronik hingga magnet besar dalam industri.

Jika kamu ingin mencoba membuat magnet sendiri, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti lengkap dengan bahan yang diperlukan dirangkum dari Wikihow.

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Magnet:

  • Besi atau paku
  • Kabel tembaga
  • Sumber listrik, seperti baterai atau adaptor AC/DC
  • Tang potong
  • Isolasi listrik, seperti pita isolasi atau selotip
  • Sekrup

Langkah-langkah Cara Membuat Magnet Sendiri:

  1. Siapkan besi atau paku yang akan digunakan sebagai bahan magnetik. Pastikan bahan yang digunakan memiliki daya tarik magnet yang cukup kuat.
  2. Potong kabel tembaga menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Bersihkan ujung kabel dengan menggunakan amplas atau benda tajam lainnya untuk menghilangkan oksida yang dapat menghambat aliran listrik.
  3. Bungkus ujung kabel tembaga pada dua ujung bahan magnetik menggunakan isolasi listrik seperti pita isolasi atau selotip.
  4. Hubungkan kedua ujung kabel ke sumber listrik seperti baterai atau adaptor AC/DC. Pastikan polaritas kabel terhubung dengan benar, yaitu kutub positif terhubung dengan kabel tembaga yang satu dan kutub negatif terhubung dengan kabel tembaga yang lain.
  5. Periksa magnet yang telah dibuat dengan mengujinya pada benda magnetik lain seperti paku atau kertas besi. Jika medan magnet yang dihasilkan cukup kuat, magnet tersebut berhasil dibuat.

Membuat magnet sendiri mungkin tampak mudah, tetapi penting untuk memperhatikan keselamatan saat melakukannya. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan hindari mengganti bahan atau alat yang digunakan.

Jika ingin mencoba membuat magnet dengan cara yang lebih aman, bisa mencoba dengan menggunakan kit pembuat magnet yang dijual secara online atau di toko perlengkapan elektronik.

Itulah bagaimana cara membuat magnet sendiri yang mudah dilakukan, lengkap dengan bahan yang dibutuhkan.

BACA SELANJUTNYA

Sempat Tak Laku, Kini Tablet Berlayar OLED Kian Diminati