Jum'at, 14 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 30 Mei 2023 | 14:34 WIB

Hitekno.com - Industri otomotif secara cepat semakin terintegrasi dengan teknologi modern. Namun, tidaklah mudah untuk masuk ke pasar yang didominasi oleh produsen berusia satu abad. Untuk berhasil, banyak perusahaan menemukan bahwa kolaborasi sangat penting. Sebagai contoh, Nvidia dan MediaTek baru-baru ini bermitra untuk mengembangkan teknologi mobil terhubung.

Dilansir dari Gizmochina, Nvidia dan MediaTek mengumumkan kemitraan untuk mengembangkan sistem hiburan mobil canggih. Kemitraan ini akan melihat MediaTek mengintegrasikan chiplet GPU dan perangkat lunak Nvidia ke dalam system-on-chips (SoC) yang disediakannya kepada produsen mobil untuk tampilan hiburan. Kemitraan ini akan memungkinkan produsen mobil mengembangkan pengalaman di dalam mobil yang lebih canggih dan immersif.

Sistem ini akan mampu streaming video, menjalankan game, dan tugas-tugas AI untuk berinteraksi dengan pengemudi. Tampilan dashboard akan memberikan tampilan eksternal dari lingkungan kendaraan, sementara kamera akan memonitor pengemudi.

"Industri otomotif membutuhkan perusahaan-perusahaan kuat yang dapat bekerja dengan industri ini selama beberapa dekade," kata Chief Executive Nvidia, Jensen Huang, dalam konferensi pers di Taipei, mengacu pada siklus produk yang panjang untuk produsen mobil.

Kemitraan ini merupakan keberhasilan besar bagi Nvidia, yang telah mencari ekspansi ke pasar otomotif. MediaTek adalah salah satu pemasok terkemuka semikonduktor untuk industri otomotif, dan kemitraannya dengan Nvidia akan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan dalam pengembangan sistem hiburan canggih.

Sistem hiburan adalah komputer dalam mobil yang mengontrol hal-hal seperti radio, navigasi, dan pengaturan suhu. Mereka semakin canggih, dengan fitur-fitur seperti pengenalan suara, streaming video, dan permainan. Kemitraan Nvidia dan MediaTek akan memungkinkan mereka mengembangkan sistem hiburan yang lebih canggih dan ramah pengguna. Kemitraan ini juga merupakan tanda pentingnya AI dalam industri otomotif.

BACA SELANJUTNYA

MediaTekDimensity 9300+ Resmi Dikenalkan, Tawarkan Peningkatan Performa Pemrosesan AI Generatif