Minggu, 03 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 18 Juni 2023 | 16:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagi mereka yang sering menghabiskan waktu di hadapan layar komputer atau monitor, masalah sakit leher mungkin sering kali terjadi. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan sakit leher ini? Bagaimana kita dapat mengatasi masalah ini?

Ada berbagai faktor yang dapat menjadi pemicu terjadinya sakit leher. Bahkan, beberapa di antaranya harus diwaspadai dengan seksama agar tidak berujung pada masalah kesehatan yang lebih serius.

Apa Saja Penyebab Sakit Leher?

1. Stres

Menjadi penyebab pertama sakit leher, stres dapat memicu ketegangan di otot leher dan bahu. Hal ini memicu reaksi kejang, dan juga berefek pada sakit kepala. Orang yang stres sering mengalami sakit leher disertai dengan migrain.

2. Misalignment

Nyeri leher juga dapat disebabkan oleh ketidaksesuaian posisi, seperti salah menggunakan bantal, posisi duduk, posisi mengemudi, dan lain sebagainya.

Kesalahan posisi ini berlangsung lama sehingga membuat otot di bagian leher tidak berada pada kondisi yang optimal dan terus berkontraksi hingga menjadi terlalu tegang.

3. Perubahan Degeneratif

Perubahan degeneratif menjadi penyebab sebagian besar kasus sakit pada leher. Perubahan tulang belakang seiring bertambahnya usia dapat menimbulkan tekanan pada saraf tulang belakang. Efeknya adalah rasa nyeri.

4. Saraf Terjepit

Mungkin Anda sering mendengar kondisi ini. Saraf kejepit adalah jenis nyeri yang menyebar lebih dari sekedar di area leher

Sakitnya terasa mulai dari area punggung dan pinggul, hingga menuju kaki dan sampai ke tulang belakang. Kondisi ini sebaiknya segera mendapat penanganan yang tepat.

5. Mielopati

Waspada ketika nyeri leher yang muncul disertai dengan sensasi menusuk di area bahu dan tengah serta timbul rasa kesemutan atau mati rasa di lengan.

Hal itu bisa jadi kondisi yang lebih serius. Sangat disarankan untuk segera mengobatinya dengan datang ke dokter kepercayaan Anda.

Lalu, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Sebenarnya jika nyeri leher disebabkan oleh pemicu yang cenderung ringan, beberapa langkah sederhana dapat digunakan sebagai solusi.

Anda bisa istirahat sejenak dan relaksasi, melakukan peregangan sederhana, konsumsi obat antiinflamasi, pijat terapi, hingga penggunaan sementara relaksan otot yang diresepkan dokter.

Namun jika pemicu rasa nyeri ini bukan hal yang sederhana, sebaiknya Anda segera mendatangi dokter untuk meminta solusi dan diagnosis yang tepat.

Itulah sekilas mengenai penyebab sakit leher dan cara mengatasinya. Semoga menjadi artikel yang berguna untuk Anda!

Suara.com/I Made Rendika Ardian

BACA SELANJUTNYA

Spesifikasi Lenovo TIO Gen 5, Monitor dengan Layar Luas dan Webcam Terintegrasi