Jum'at, 26 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Jum'at, 30 Maret 2018 | 13:02 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagi pengguna iPhone, pemberitahuan memori penuh terkadang menjadi nightmare untuk kamu yang gila selfie.

Apalagi kamu pengguna iPhone yang dari awal pembelian, terbatas dalam jumlah memori.

Memori paling kecil yang diberikan iPhone untuk penggunanya adalah 16gb yang kadang tentu tidak cukup untuk menampung semua file, aplikasi, bahkan foto selfie kamu.

Guys, bagi kamu yang gila selfie tapi sering menerima notif memori penuh di bawah ini, tim HiTekno meringkas 5 tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk 'menyelamatkan' keinginan selfie kamu nih.

1. Offload aplikasi yang tidak terpakai

Untuk iOS terbaru iPhone sekarang ini sudah disediakan pilihan untuk offload aplikasi yang tidak kamu gunakan. Offload ini digunakan untuk menguninstall aplikasi yang bagi kamu tidak penting, namun offload tidak akan menghapus data-data dari aplikasi tersebut.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika data-data tersebut hilang bersama proses offload aplikasimu. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu masuk ke Setting, menyalakan pilihan offload, kemudian ke Penyimpanan, dan memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu offload.

Jika suatu hari kamu ingin menggunakan aplikasi yang sudah terlanjur kamu offload itu, kamu tinggal masuk ke Setting dan mengunduh ulang aplikasi yang tidak hilang dari penyimpanan itu.

Aplikasi yang mungkin bisa kamu offload karena tidak terlalu dibutuhkan, seperti Compass, Tips, Find Friends, Stocks, dll. Nah, kamu tidak mungkin kan offload aplikasi kamera dari iPhone kamu?

2. Hanya menyimpan foto HDR

Kabar buruk untuk kamu yang suka selfie dan foto-foto, aktifitas satu ini memang memakan banyak ruang penyimpanan di perangkat iPhone kamu.

Untuk itu kamu harus teliti melihat isi galeri kamu, karena untuk pengguna iPhone, tanpa kamu sadari foto yang tersimpan sering kali dua foto bukan hanya satu, sudah pasti penyimpanan kamu akan terkuras dua kali lebih banyak.

Kenapa? Ternyata iPhone memungkinkan kamu untuk mengambil gambar non HDR dan HDR (pengambilan tiga gambar yang diambil pada tiga eksposur berbeda dan digabungkan menjadi satu gambar).

Kabar baiknya, kamu ternyata bisa menonaktifkan fitur ini jika kamu hanya ingin ada foto non HDR di iPhone kamu.

Caranya, buka Setting ke pilihan Foto & Kamera, matikan pilihan “Simpan Foto Normal”.

Dan memori kamu akhirnya terselamatkan!

3. Aktifkan auto-delete untuk Pesan-Pesan kamu

Yang satu ini mungkin akan sangat susah dilakukan apalagi jika kamu tipe orang yang suka menyimpan kenangan-kenangan.

Kalau kamu pengguna iPhone, riwayat pesan ternyata mengambil memori penyimpanan yang besar.

Terutama jika kamu sering mengirim dan menerima pesan dari orang lain. Beruntungnya, fitur iPhone sekarang dapat memungkinkan kamu untuk otomatis menghapus pesan setelah 30 hari atau 1 tahun.

Untuk kamu yang malas untuk menhapus pesan secara manual, cara satu ini bisa kamu gunakan. Caranya mudah, kamu hanya perlu memilih Setting, pilih pilihan Pesan dan memilih fitur Simpan Pesan, yang bisa kamu atur 30 hari atau 1 tahun. Pastikan juga kamu sudah mengatur pesan Audio dan Video untuk kedaluwarsa setelah dua menit.

Nah bonus tipsnya, untuk kamu yang isi pesannya banyak kenangan-kenangan penting, sebaiknya kamu back-up dulu ke email atau kamu screenshot satu demi satu.

Tapi repot juga kan, ya?

4. Hapus Voicemail

Voicemail ini memang bukan tips penghemat ruang penyimpanan yang terjadi pada banyak orang, karena memang tidak terjadi pada kebanyakan pengguna iPhone.

Namun, jika kamu tiba-tiba menemukan Voicemail di iPhone kamu, tips ini akan sangat berguna.

Visual Voicemails Apple memang mengambil banyak ruang di iPhone kamu jika kamu tidak pernah menghapusnya.

Cara menghapusnya juga tidak susah, kamu hanya perlu pergi ke aplikasi telepon, lalu ketuk tombol Voicemail, kamu kemudian akan menemukan berbagai pesan suara yang ingin kamu hapus, geser ke kiri di atasnya dan ketuk tombol Hapus yang berwarna merah.

5. Hapus Foto dan Video

Jangan kaget ketika membaca tips yang satu ini.

Ini bukanlah perintah untuk menghapus semua foto dan video dari galeri kamu.

Pada poin ini, kamu harus sering memeriksa isi galeri kamu, karena biasanya akan kamu temukan video-video atau gambar-gambar dari yang penting sampai tidak penting, yang asalnya ternyata bukan dari kamu, melainkan dari grup WhatsApp kamu yang sering sekali mengirimkan gambar dan video yang aneh-aneh.

Daripada memenuhi memori penyimpanan kamu, lebih baik di hapus kan? Cara menghapusnya juga sangat mudah, kamu tinggal pergi ke Galeri kamu dan memilih gambar atau video yang tidak kamu inginkan, dan pilih pilihan Hapus.

Selain memberikan ruang untuk iPhone kamu, kamu juga akan terbebas dari gambar dan video aneh dari grup WhatsApp kamu.

Nah, jika semua step sudah kamu ikuti, memori penyimpanan di iPhone kamu sudah dipastikan akan bebas dari notifikasi Memori Penuh. Kamu jadi bisa selfie sepuasnya, deh.

Hitekno.com/Amelia Prisilia

BACA SELANJUTNYA

Update Harga iPhone 11 Pro Max Juni 2023, Apakah Masih Layak Beli?