Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 19 Juni 2018 | 17:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Motorola sepertinya bergabung untuk mengikuti perlombaan dengan produsen smartphone lain untuk memproduksi smartphone layar sentuh yang dapat dilipat. Bocoran yang beredar menggambarkan desain paten layar lipat dari Motorola.

Ponsel yang dapat dilipat sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam perlombaan produsen smartphone. Samsung juga berencana meluncurkan Galaxy X yang akan datang paling cepat pada awal 2019.

Salah satu masalah yang harus dihadapi oleh smartphone layar lipat adalah bekas lipatan yang tertinggal apabila smartphone berulang kali dilipat.


Sumber: LetsGoDigital

Nampaknya, Motorola berhasil memecahkan masalah tersebut dengan menghadirkan solusi pada paten layar lipat terbarunya.

Paten yang ditemukan oleh LetsGoDigital merinci sebuah metode untuk memulihkan set permanen pada bekas lipatan pada layar.

Motorola memecahkan solusi dengan mengambil bentuk elemen termal dan sensor yang dibangun ke dalam bagian perangkat yang dapat dilipat.

Dengan metode tersebut, sensor akan mendeteksi ketika perangkat benar-benar dalam posisi datar maka akan mengaktifkan elemen termal untuk memanaskan engsel dan menghapus bekas lipatan.

Motorola menyebutnya sebagai teknologi "semi-permanent deformation".

Dilansir dari Techradar, kemungkinan paten ini tidak pernah digunakan dalam suatu produk, namun setidaknya ada kemajuan terkait pemecahan masalah pada bekas lipatan ponsel layar lipat.


Sumber: LetsGoDigital

Beberapa produsen lain dikabarkan sedang mengerjakan smartphone layar lipat. Apple dikabarkan akan merilis iPhone yang dapat dilipat pada 2020 mendatang. Perangkat tersebut diprediksi bisa dilipat dan berubah menjadi iPad.

Namun sepertinya Huawei bakal mengalahkan Apple dan Samsung. Dikabarkan pabrikan Smarthphone asal Cina itu sedang mengerjakan smartphone flagship yang dapat dilipat dan akan diumumkan akhir tahun ini.

 Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

BACA SELANJUTNYA

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5, Resmi di Indonesia