Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 20 Juni 2018 | 21:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika diproduksi dengan benar, rekaman gerakan lambat atau slow motion bisa jadi sangat dramatis dan menarik untuk ditonton. Beberapa pihak sekarang sedang berlomba menyuguhkan kemampuan terbaik dalam mengambil video slow motion untuk memikat para pengguna.

Membuat video slow motion membutuhkan kekuatan pemrosesan tinggi dan memori yang besar untuk digunakan pada perangkat kelas atas. Sebagai pemimpin pemroses grafis tingkat tinggi, NVIDIA tidak tinggal diam. 

Dilansir dari Ubergizmo, NVIDIA memiliki solusi baru yang dapat memudahkan smartphone masa depan untuk merekam video slow motion. Solusi yang ditawarkan melibatkan penggunanaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Kecerdasan buatan NVIDIA mampu mengkonversi 30 frame-per-detik video menjadi rekaman gerak lambat 240 fps. Kamu dapat melihat perbedaan dalam video di bawah ini. 


Sumber: Youtube.com/ NVIDIA

Meski terlihat canggih dan meyakinkan namun ada keterbatasan pada metodenya. Sebagai permulaan peneliti dalam video tersebut harus melatih sistem teknis yang mendalam untuk menghasilkan rekaman khusus.

Jadi, untuk memperlambat video mobil tergelincir di air, mereka harus melatihnya terlebih dahulu dengan rekaman yang sama.

Tanpa data, tidak mungkin bagi sistem untuk memprediksi gerakan dan perilaku objek di dunia nyata. Namun sistem Nvidia dapat menghasilkan 7 bingkai frame, yang lebih dari cukup untuk membuat gerak lambat yang layak dipertontonkan.

Teknologi ini belum siap untuk peluncuran komersial, tetapi ini adalah bukti konsep yang hebat dari NVIDIA yang menunjukkan bahwa AI dapat memainkan peran utama dalam meningkatkan penangkapan video gerakan lambat pada ponsel cerdas di masa depan.

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

BACA SELANJUTNYA

Twitter akan Sediakan Fitur Pembayaran, Mau Jadi E-Commerce?