Sabtu, 04 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 13 Juli 2018 | 11:00 WIB

Hitekno.com - Cooling fan atau pendingin memang memiliki peran penting dalam gadget seperti smartphone dan komputer.

Baru-baru ini, para peneliti dari University of Chicago dan University of Texas mengungkap bahwa teknologi pendingin gadget yang biasanya akan diganti di masa depan.

Teknologi cooling fan nantinya akan digantikan dengan kristal yang dipercaya mampu mengurangi panas dari gadget.

Kehadiran kristal memang tidak berarti bahwa teknologi cooling fan saat ini masih tidak bisa diandalkan.

Namun, peneliti mengungkapkan bahwa kipas ternyata bisa kotor oleh debu.

Apalagi sistem yang dipaksa bekerja ekstra biasanya menghasilkan panas yang berlebihan.

Kristal untuk Pendingin Gadget/123RF

Dilansir dari Engadget (12/07), kristal yang nantinya digunakan akan mengambil bentuk dari kristal jenis boron arsenide sintetis, yang memiliki manajemen panas yang efisien.

Sayangnya, kristal jenis ini tidak tersedia di alam, jadi harus diciptakan dengan metode bernama chemical vapor transport.

Peneliti dari Qiye Zheng berpendapat bahwa kristal akan dikombinasikan dengan unsur kimia boron dan arsenik yang akan melakukan proses penguapan dan akan didinginkan, sehingga kemudian akan mengembun dan menjadi buliran kristal kecil.

Kristal untuk Pendingin Gadget/Sim Partners

Para peneliti yakin jika kristal boron arsenide nantinya bisa mendinginkan gadget tiga kali lipat lebih baik dari sistem cooling fan yang ada sekarang.

Nantinya, peneliti juga akan melakukan pengamatan terhadap kristal boron arsenide dan akan diproduksi dalam skala yang lebih besar.

Diharapkan agar nantinya mampu berperan lebih luas, seperti menggantikan cooling fan sebagai pendingin data center. Kita nantikan teknologi kristal pendingin ini ya.

BACA SELANJUTNYA

Kapan Seseorang Harus Ganti HP? Ini Patokannya