Jum'at, 03 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 20 Juli 2018 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Huawei baru saja memperkenalkan beberapa smartphonenya beberapa hari terakhir. Tak hanya smartphone, Huawei juga mengenalkan chipset kelas atas terbarunya yaitu Kirin 980.

Kirin 980 dijadwalkan akan melucur secara resmi di ajang IFA Berlin pada bulan September tahun ini. Chipset kelas atas tersebut akan menggantikan chipset berkecepatan tinggi sebelumnya. Kirin 970 akan digantikan oleh Kirin 980 sebentar lagi.

Dilansir dari Gizmochina, HiSilicon Kirin 980 akan diproduksi oleh TSMC dan menggunakan proses 7 nm. Sistem pemrosesan tersebut sama dengan yang digunakan oleh prosesor A12 milik Apple.

Melihat sistem pemrosesan yang sama, kedua perangkat tersebut akan sama-sama bersaing di chipset kelas atas. Kirin 980 menggunakan teknologi NPU Cambrian yang baru dari perusahaan Cambricon Technologies.

Sumber: Webchaat

Prosesor AI Kambrium yang baru diklaim dapat memberikan 5 triliun calculations per watt dan akan tersedia dalam varian dual, quad, dan octa-core tergantung pada tingkat pemrosesan AI yang diperlukan.

Kirin 980 diharapkan akan datang sebagai prosesor yang digunakan oleh jajaran Huawei Mate 20 pada akhir tahun. Selain itu tidak menutup kemungkinan dapat memperkuat smartphone seri P milik Huawei.

Daftar Antutu dari Mate 20 Pro yang menggunakan Kirin 980 juga cukup mengagetkan. Skor benchmarkingnya mencapai 356.819 poin.

Selain Kirin 980 perusahaan asal Cina tersebut dikabarkan sedang mengerjakan prosesor Kirin 1020. Chipset terbaru itu diklaim mempunyai kekuatan 2 kali lipat daripada Kirin 980. Berdasarkan laporan yang beredar chipset kelas atas tersebut akan diproduksi masal begitu jaringan 5G pertama diluncurkan.

Dengan skor dan fitur yang ada dari prosesor Huawei Kirin 980, kita makin tak sabar menantikannya di bulan September nanti.

BACA SELANJUTNYA

Cek Harga Huawei Band 9, Apa Saja yang Ditawarkannya?