Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 02 Agustus 2018 | 10:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti yang telah diketahui dua tahun belakangan ini pasar smartphone sudah mulai jenuh. Samsung dan LG mencoba menggairahkan pasar dengan menghadirkan teknologi baru yang disebut dengan Dual Display.

Menghindari teknologi tersebut diserobot produsen smartphone lain, Samsung dan LG memutuskan mendaftarkan paten dual display ke USPTO, otoritas resmi terkait hak paten di Amerika Serikat.

Paten Dual Display milik Samsung dan LG mencakup layar ganda, satu berada di depan dan layar lainnya terletak di belakang.

Dilansir dari Ubergizmo, LG diketahui sudah mengajukan permohonan paten satu setengah tahun lebih awal dari Samsung.

Namun kedua paten itu diterbitkan pada hari yang sama oleh USPTO. Ilustrasi dalam paten tersebut menunjukkan Samsung dan LG merencanakan smartphone yang memiliki layar sekunder di belakang.

Ilustrasi dual display Samsung. (Mobielkopen)

Desain yang ada pada ilustrasi juga mengungkapkan terdapat display besar di bagian depan dan display lebih kecil diletakkan di belakang.

Desain layar kedua milik Samsung memilki desain yang lebih besar daripada desain display milik LG. Paten desain yang diajukan oleh Samsung pada bulan Desember 2016 itu mengambil sekitar setengah ruang di bagian belakang smartphone.

Nampak juga desain perangkat yang lebih tipis, tombol power dan volume di salah satu sisi, port USB namun tanpa kehadiran jack headphone. Kemungkinan perangkat Samsung di masa depan akan menggunakan bluetooth headphone atau menggunakan USB converter untuk mengakali jack headphonenya.

Ilustrasi dual display LG . (Mobielkopen)

Ilustrasi pada LG menunjukkan smartphonenya memiliki layar sekunder di belakang yang mencakup seperempat bagian pada bagian atas.

Pada bocoran paten itu tidak disebutkan jenis layar apa yang digunakan untuk layar sekundernya.

Banyak sumber berspekulasi bahwa desain itu akan memiliki layar e-ink seperti yang ada pada YotaPhone. Namun tidak menutup kemungkinan bisa juga menggunakan layar LCD atau OLED secara penuh.

Paten dual display Samsung dan LG juga tidak menyebutkan apakah kedua smartphonenya dapat dilipat atau tidak.

BACA SELANJUTNYA

Mengenal Exynos 2200, Chipset yang Jadi Otak Samsung Galaxy S23 FE