Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 16 Agustus 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Buat kamu yang mencari smartphone budget rendah namun tetap dapat dihandalkan pasti telah menunggu-nunggu kehadiran Android GO. Nokia 1 akan datang ke Indonesia dengan mengusung sistem operasi Android versi murah ini.

"Ya, baru Nokia 1 yang available dengan Android Go," ujar Marketing Head Nokia Indonesia, Miranda Vania Warokka, saat peluncuran Nokia 1 di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Dia mengakui, beberapa hal menjadi penyebab "terlambatnya" Android Go masuk ke Indonesia.

"Bikin lama yang pertama adalah menyesuaikan dengan peraturan TKDN. Kita nggak bisa main masuk-masuk aja gitu," terangnya.

Nokia 1 gunakan Android GO. (Nokia)

Selain itu, Miranda melihat, pentingnya penyampaian informasi yang tepat tentang kelebihan dari Android Go itu sendiri lebih penting, sebelum mendistribusikan.

"Kita lebih menjual secara offline karena jika hanya melihat spesifikasi, wah bisa berantakan. Tapi jika diberi pemahaman, kelebihan Android Go, calon konsumen akan lebih mengerti," beber dia.

Selain itu, Miranda mencontohkan, di berbagai outlet disiapkan unit yang siap diuji coba. Tujuannya, memungkinkan konsumen bisa menguji coba sendiri perangkat dengan Android Go itu.

Meski masih terbatas, beberapa kelebihan Android Go pun bisa dijadikan rujukan konsumen memilih perangkat dengan sistem operasi tersebut.

"Go Edition itu kompresnya akan lebih bagus sehingga untuk running cepat. Efektivitas tentunya akan lebih terasa dibanding dengan yang biasa," ujar Miranda.

Namun, dia mengungkapkan, perangkat yang mendukung Android Go masih bisa mengunduh aplikasi yang non Go Edition.

"Bukan tidak bisa diinstal, tetap bisa. Cuman akan mempengaruhi kinerja karena bobot aplikasinya," terangnya.

Seperti diketahui, dari Google sudah ada beberapa aplikasi yang mengeluarkan edisi Android Go, sebut saja Google Go, Google Assistant Go, YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, Gboard Go, Google Play Store, Chrome dan Files Go.

Go Edition, merupakan sitem operasi Android terjangkau yang komportible. Permintaan smartphone dengan sitem operasi seperti itu, masuk ke negara-negara timur, khususnya di Indonesia. [Imron Fajar]

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Akhirnya... Android Go Editon Masuk Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

HMD Global Luncurkan Nokia G42 5G, Smartphone 5G yang Dapat Diperbaiki oleh Pengguna