Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 16 Agustus 2018 | 18:30 WIB

Hitekno.com - Samsung sudah memamerkan teknologi 5G di Consumer Electronics Show (CES) 2018, namun sayangnya teknologi belum sepenuhnya siap. Samsung akhirnya menyempurnakan teknologi tersebut pada Exynos Modem 5100.

Chip modem kecil itu dibangun dengan model pemrosesan 10 nm yang mendukung penuh teknologi 5G. Samsung Exynos 5100 mendukung semua frekuensi 5G dan kompatibel dengan semua teknologi sebelumnya.

Teknologi seperti 2G GSM / CDMA, 3G WCDMA, TD-SCDMA, HSPA, dan 4G LTE masih bisa berjalan di modem tersebut.

Dilansir dari NDTV modem terbaru milik Samsung ini kompatibel sepenuhnya dengan teknologi standar 3rd Generation Partnership Project (3GPP) Release 15.

Samsung Exynos Modem 5100. (NDTV)

Teknologi tersebut merupakan standar terbaru 5G New Radio (5G-NR).

Berkat jaringan 5G, Samsung Exynos 5100 diklaim dapat mencapai kecepatan downlink hingga 2 Gbps untuk frekuensi di bawah 6 GHz.

Kecepatan downlink dapat meningkat hingga 6 Gbps apabila menggunakan spektrum mmWave.

Kecepatan tersebut dapat membuat perangkat memiliki kecepatan 5 kali lebih cepat daripada teknologi 4G.

Samsung mengatakan bahwa komunikasi data yang cepat dan stabil juga dapat dilihat pada jaringan 4G dengan kecepatan downlink 1.6 Gbps.

Samsung Exynos Modem 5100. (Samsung)

Dengan kemampuan 5G untuk mentransmisikan data berkapasitas besar dan komunikasi latensi rendah secara real time, perusahaan asal Korea Selatan itu berencana menambah pengalaman baru bagi pengguna.

Pengalaman baru itu termasuk kemampuan download kecepatan tinggi di smartphone, Internet of Things (IoT), video resolusi ultra tinggi, hologram, kecerdasan buatan real time (AI), dan kemampuan pengemudian otonom.

Samsung Exynos Modem 5100 akan dirilis secara resmi pada akhir tahun 2018.

BACA SELANJUTNYA

Melalui Galaxy Buds Series, Samsung Tawarkan Pengalaman Audio Cerdas nan Immersif